Melacakan Keberadaan Ibukota Mataram Kuno di Kalasan, Ini yang Dilakukan Tim Arkeologi Yogya

Tim peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta memulai test pit, atau uji penggalian diduga situs kuno Mataram di Dusun Balongbayen, Purwomartani, Kalasan,

Melacakan Keberadaan Ibukota Mataram Kuno di Kalasan, Ini yang Dilakukan Tim Arkeologi Yogya
Tribun Jogja/Hamim Thohari
Candi Sambisari, di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, SLEMAN - Tim peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta memulai test pit, atau uji penggalian diduga situs kuno Mataram di Dusun Balongbayen, Purwomartani, Kalasan, Sleman.

Test pit dimulai sejak Minggu (16/9/2018), dan akan berlangsung beberapa hari mendatang. Tim penelitian dipimpin Baskoro Daru Cahyono.

5 Fakta Unik Seputar Situs Kuno Liangan, Mulai Temuan Yoni Hingga Misteri Gadis Mataram Kuno

Menguak Jejak Situs Kuno Liangan, Misteri Tangga Penghubung Teras 4 ke Teras 3 Belum Terpecahkan

Penelitian kali ini bagian dari usaha melacak jejak ibukota Mataram Kuno. Penelitian pendahuluan sebelumnya dilakukan di Magelang dan beberapa titik di Sleman.

Baskoro Daru sebagai pelaksana penelitian ingin menguji hipotesis lokasi ibukota Mataram Kuno berdasar konsep kosmogoni kebudayaan Hindu.

Mengungkap Teka-teki Bendung Kuno di Widodomartani Kalasan

Hingga Senin (17/9/2018) siang ini, para pekerja terus menggali kotak ekskavasi di sisi utara sebuah kebun jagung Dusun Bayen.

Kedalaman penggalian kotak penelitian paling dalam sudah mencapai tiga (3) meter. Namun belum terlihat petunjuk signifikan terkait artefak kuno.

.
Tim peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta memulai test pit, atau uji penggalian diduga situs kuno Mataram di Dusun Balongbayen, Purwomartani, Kalasan, Sleman. (TRIBUNJOGJA.com | Setya Krisna Sumargo)

Penelitian sejarah di Balongbayen ini sempat membuat gaduh warga. Tersiar kabar dari mulut ke mulut penelitian ini dilakukan karena ada candi besar di daerah ini.

Halaman
12
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved