Gempa di Sulteng

Ratusan Korban Gempa Donggala dan Tsunami Palu Tiba di Makassar

Para korban yang selamat akibat gempa bumi dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), mulai dievakuasi.

Ratusan Korban Gempa Donggala dan Tsunami Palu Tiba di Makassar
Kompas.com/Hendra Cipto
Beberapa korban gempa bumi dan tsunami yang berhasil selamat ditampung sementara Asrama Haji, Sudiang, Kota Makassar. KOMPAS.com/HENDRA CIPTO 

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Para korban yang selamat akibat gempa bumi dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), mulai dievakuasi menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

Ribuan korban gempa dan tsunami berkumpul di Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie, Palu, Sulteng.

Mereka yang selamat ini dievakuasi ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dan di Pulau Jawa.

Sejak Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie, Palu, dibuka untuk pesawat bantuan kemanusiaan, pesawat Hercules mulai melakukan evakuasi korban selamat, Sabtu (29/9/2018) siang hingga malam.

Ratusan pengungsi sudah tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, sebagian besar melanjutkan perjalanannya ke Kota Surabaya dan Jakarta.

Sebanyak 30 orang di antaranya terpaksa dievakuasi ke RS Sayang Rakyat Makassar untuk mendapat perawatan tim medis dan 7 orang lagi ditampung di Asrama Haji, Sudiang, Makassar.

Rencananya, sebanyak 200 orang korban gempa dan tsunami di Palu akan tiba di Kota Makassar pada Minggu (30/9/2018) pagi.

Baca: Satu Keluarga di Palu Dilaporkan Masih Hilang, Jumlah Korban Tewas Mencapai 420 Orang

Sebanyak 200 korban tersebut akan dievakuasi dengan menggunakan pesawat Hercules.

"Minggu pagi sekitar jam 08.00 Wita, ada sekitar 200 orang korban dari Palu akan tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar," kata Kepala Polsekta Biringkanaya, Kompol Nugraha, Minggu dinihari.

"Belum tahu 200 orang pengungsi itu akan ditempatkan di mana, apakah di RS Sayang Rakyat, RS Daya ataukah di Asrama Haji," kata dia.

Nugraha mengatakan, ratusan korban gempa bumi dan tsunami di Palu dievakuasi menggunakan pesawat Hercules dengan beberapa kali penerbangan.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu (29/9/2018) malam, korban meninggal dunia akibat gempa bumi dan tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018), bertambah menjadi 420 orang. (Kompas.com/Hendra Cipto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Minggu Pagi, Ratusan Korban Gempa Donggala dan Tsunami Palu Tiba di Makassar"

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved