Apresiasi Mendagri dan SETARA Institute Setelah Singkawang jadi Kota Paling Toleran di Indonesia

Kota Singkawang dinobatkan menjadi kota di Indonesia yang paling toleran versi SETARA Institute. Ini apresiasi Mendagri dan SETARA Institute.

Apresiasi Mendagri dan SETARA Institute Setelah Singkawang jadi Kota Paling Toleran di Indonesia
SETARA Institue
Pemaparan Kota Toleran Indonesia yang dilakukan SETARA Institue Jakarta, kemarin. Singkawang menjadi kota dengan nilai toleransi tertinggi di Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kota Singkawang, Kalimantan Barat dinobatkan menjadi kota di Indonesia yang paling toleran versi SETARA Institute.

Bersaing dengan 94 kota lain di Indonesia, Singkawang dinilai sebagai kota yang berhasil mempraktikkan toleransi paling baik.

Mengutip situs resmi SETARA Institue, Sabtu (8/12/2018), di antara 10 kota di Indonesia yang paling toleran, Kota Singkawang berada di urutan pertama dalam penghargaan ini.

Skor Kota Singkawang menjadi yang tertinggi yaitu 6,513 dari skala penilaian 1-7.

Ketua SETARA Institute Hendardi mengatakan, Kota Singkawang dinilai memiliki beberapa atribut yang mendukung penobatan kota paling toleran se-Indonesia.

Di antaranya pemerintah kota punya regulasi yang kondusif bagi praktik dan promosi toleransi.

Baik dalam bentuk perencanaan maupun pelaksanaan.

Di Singkawang tingkat peristiwa dan tindakan pelanggaran kebebasan beragama/berkeyakinan rendah atau tidak ada sama sekali.

Hendardi menambahkan, pihaknya melakukan kajian dan indexing Indeks Kota Toleran (IKT) 2018 terhadap 94 kota di Indonesia.

BACA SELENGKAPNYA >>>

Editor: sri juliati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved