Kominfo Gelar Dialog Interaktif Melalui Pertunjukan Rakyat di Daerah

Dialog interaktif mengambil tema "Membangun Manusia Indonesia yang Berkarakter Kebangsaan".

Kominfo Gelar Dialog Interaktif Melalui Pertunjukan Rakyat di Daerah
Ist/Tribunnews.com
Dialog interaktif melalui pertunjukan rakyat yang digelar Kominfo. 

TRIBUNNEWS.COM, LAMPUNG - Kementerian Komunikasi dan Informasi melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menyelanggarakan dialog interaktif melalui pertunjukan rakyat, Sabtu (8/12/2018) di Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu Lampung.

Dialog interaktif mengambil tema "Membangun Manusia Indonesia yang Berkarakter Kebangsaan".

Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Wiryanta mengatakan pihaknya merasa berkewajiban untuk senantiasa menanamkan identitas nasional tersebut kepada seluruh rakyat Indonesia.

"Dialog interaktif dikemas dengan metode tradisional berupa pertunjukan rakyat. Ini dipilih karena memiliki sifat menghibur dan dapat menyampaikan pesan dalam suasana santai dan menyenangkan sehingga lebih menarik perhatian masyarakat," ujar Wiryanta dalam keterangannya.

Baca:  Dul Jaelani ke Idol Junior, Rossa Histeris Sebut Nama Ahmad Dhani, Begini Reaksi Maia Estianty

Selain itu, menurut dia, cara ini dimaksudkan sebagai upaya melestarikan kesenian tradisional yang saat ini eksistensinya yang mulai tergerus media massa moderen.

"Penyebaran media tradisional terletak pada cerita dan dialog serta pesan disampaikan luwes dan fleksibel sesuai budaya masyarakat lokal," katanya.

Demikian pula dialog merakyat seperti ini berdimensi personel dan budaya sehingga tercipta komunikasi efektif dan persuasif sehingga dan diterima semua unsur masyarakat.

Kegiatan merakyat seperti ini, menurut Wiryanta, setidaknya bagian dari upaya membangun karakter bangsa.

"Identitas nasional dengan karakter penuh integritas, kerelaan berkorban, gotong royong dan beragam karakter lainnya sebagai ciri hkas Indonesia harus ditanamkan dalam benak warga negara Indonesia terutama generasi muda," ujarnya.

Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved