Pesawat Lion Air Tergelincir, Runway Bandara Supadio Ditutup Sementara

"Kami saat ini tengah berupaya memindahkan pesawat tersebut agar runway dapat kembali (malam ini) digunakan untuk penerbangan," katanya

Pesawat Lion Air Tergelincir, Runway Bandara Supadio Ditutup Sementara
Instagram @makassar_iinfo
Pesawat Lion Air JT714 tergelincir di Pontianak 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pesawat Lion Air nomor penerbangan JT-174 rute Jakarta - Pontianak mengalami keluar landas pacu atau overrun sesaat setelah mendarat di Bandara Udara Internasional Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat pada Sabtu (16/2/2019) pukul 15.15 WIB. 

Pascainsiden tersebut, Runway di Bandara Internasional Supadio ditutup sementara.

Baca: Cerita Menegangkan Saat Lion Air JT714 Tergelincir

Penutupan runway ini juga menyebabkan tiga penerbangan terdampak, yaitu NAM Air nomor penerbangan IN-156 (return to apron), Citilink QG-415 (return to base), dan Garuda Indonesia GA-154 (return to base)

"Kami saat ini tengah berupaya memindahkan pesawat tersebut agar runway dapat kembali (malam ini) digunakan untuk penerbangan dari dan ke Supadio, Pontianak," ujar EGM Bandara Supadio Jon Mukhtar Rita dalam keterangan resmi, Sabtu (16/2/2019).

Kemenhub Sudah Terima Laporan

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengkonfirmasi telah menerima laporan insiden tersebut.

Berdasarkan laporan yang diterima oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, sebelumnya pesawat tersebut telah diperiksa dan dinyatakan laik terbang.

Saat ini pesawat masih dalam proses evakuasi oleh pihak maskapai, pengelola bandara dan otoritas bandar udara wilayah I.

 "Pesawat yang membawa 180 penumpang dewasa, dua bayi dan tujuh kru, mengalami keluar landas pacu (overrun), sesaat setelah mendarat. Kejadian overrun 1 meter dari end of runway. Saat ini seluruh penumpang dan kru dalam keadaan selamat dan sudah dievakuasi," jelas Kasubdit Angkutan Udara Niaga Ditjen Hubud Kemenhub Hari Budianto.

Baca: Pihak Lion Air Sampaikan Permohonan Maaf terkait Pesawatnya Tergelincir di Bandara Supadio

Diberitakan sebelumnya, sebuah video berdurasi 12 detik menunjukan pesawat Lion Air tergelincir di runway Bandara Internasional Supadio, Sabtu (16/2/2019) sekitar ukul 15.30 WIB. 

Video itu memperlihatkan bagian depan pesawat tampak lebih rendah, dan posisi pesawat berada di ujung Run way. Saat kejadian, jarak pandang dilaporkan memenuhi persyaratan pendaratan dan kondisi sedang hujan deras.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved