Alami Mati Mesin, Kapal yang Angkut 12 Orang Dilaporkan Hilang Kontak di Perairan Maluku

Sebuah kapal bernama Kapal Motor (KM) Arma Wijaya yang mengangkut 12 orang penumpang dilaporkan hilang di perairan laut Maluku, Jumat (8/3/2019) malam

Alami Mati Mesin, Kapal yang Angkut 12 Orang Dilaporkan Hilang Kontak di Perairan Maluku
Foto dok Kepala Kantor SAR Ambon
Tim SAR gabungan melakukan persiapan untuk mencari kapal berpenumpang 12 orang yang dilaporkan hilang di perairan Tual, Jumat (8/3/2019) malam 

TRIBUNNEWS.COM, AMBON - Sebuah kapal bernama Kapal Motor (KM) Arma Wijaya yang mengangkut 12 orang penumpang dilaporkan hilang di perairan laut Maluku, Jumat (8/3/2019) malam.

Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin mengatakan, kapal tersebut bertolak dari Pelabuhan Tual menuju Pulau Tayando sekitar pukul 18.30 WIT.

Namun, dalam pelayaran, kapal mengalami mati mesin dan akhirnya hilang kontak.

“Kami terima Informasi dari Korpos Tual bahwa kapal dilaporkan hilang diantara perairan Pulau Dua dan perairan Tual,” kata Muslimin saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Jumat.

Baca: Diduga Lakukan Illegal Fishing, Kapal Vietnam Ditangkap KRI Teuku Umar di Wilayah ZEE Indonesia

Muslimin mengatakan, dari laporan dari nahkoda kapal, Ali Rumaf, kapal itu mengalami mati mesin pada koordinat 05° 34' 41"S - 132° 35' 648"E.

Namun, keberadaan kapal tersebut tidak lagi diketahui karena hilang kontak.

Menurutnya kapal yang sedang hilang kontak itu juga sementara mengangkut satu jenazah, “Kapal itu juga sedang membawa 12 penumpang dan satu jenazah,” ujarnya.

Muslimin mengatakan, setelah mendapatkan laporan tersebut, tim penyelamat dari Pos SAR Tual bersama personel Brimob Polres Maluku Tenggara langsung melakukan pencarian kapal.

“Team Rescue Pos SAR Tual beserta unsur SAR sedang melakukan pencarian hingga malam ini dengan menggunakan KN SAR Bharata menuju lokasi pencarian dengan arah 292,48 barat laut,” ungkapnya.

Saat proses pencarian, kondisi cuaca laut kurang baik dimana tinggi gelombang mencapai 1 meter hingga 2 meter dengan kekuatan angin yang bertiup mencapai 4 hingga 20 knot/jam.

Di lokasi pencarian juga sedang turun hujan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapal Berpenumpang 12 Orang Hilang Kontak di Perairan Maluku" (Kompas.com/Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty)

Editor: Daryono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved