Banjir Bandang di Sentani

Kodam XVII/Cendrawasih Buka Dapur Umum di Posko Gereja Marten Luther dan Lorong Salatiga

Dapur umum didirikan di Posko Gereja Marthen Luther, Lorong Salatiga, Distrik Sentani.

Kodam XVII/Cendrawasih Buka Dapur Umum di Posko Gereja Marten Luther dan Lorong Salatiga
Istimewa
Warga Terdampak Banjir di Sentani Mengungsi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring telah menginstuksikan kepada seluruh jajarannya agar segera mengerahkan pasukan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membantu masyarakat yang terkena bencana banjir bandang di Sentani, Jayapura sejak Sabtu (16/3/2019).

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf M Aidi mengatakan Satuan perbekalan dan angkutan Kodam (Bekang Dam XVI/Cend) telah mendirikan posko bantuan dan dapur umum sejak Minggu (17/3/2019) dinihari.

"Dapur umum didirikan di Posko Gereja Marthen Luther, Lorong Salatiga, Distrik Sentani. Sedangkan satu posko pelayanan yang lain didirikan di Mako Yonif R 751/Wira Jaya Sakti," kata Kolonel Inf M Aidi saat dikonfirmasi Tribunnews.com pada Minggu (17/3/2019) pagi.

Kabekang XVII/Cen Kolonel CBA Nurbudianto menjelaskan masing-masing dapur umum ini dilayani oleh 25 orang Prajurit Bekang.

"Kapasitas dapur umum itu mampu melayani 1.000 sampai 3.500 orang setiap dapur umum untuk setiap kali waktu makan. Meskipun diperkirakan pengungsi tidak mencapai jumlah tersebut, untuk efektivitas karena tempatnya terpencar-pencar maka kami dirikan sekaligus dua unit dapur umum," kata Nurbudianto.

Baca: Kisah Abdul Aziz Rela Tinggalkan 4 Anaknya di Masjid Demi Mengalihkan Perhatian Teroris Brenton

Selain materil pendukung tersebut TNI juga mengerahkan personel dalam rangka membantu evakuasi korban.

Sejumlah 6 Satuan Setingkat Kompi (SSK) telah dikerahkan meliputi 04 SSK dari Yonif Raider 514/Sabbada Yudha yang sedang melaksanakan tugas pengamanan perbatasan (Pamtas), dan 02 SSK dari Yonif R 751/WJS.

Seluruh kegiatan perbantuan TNI dalam rangka membantu menanggulangi bencana alam banjir bandang Jayapura dikendalikan langsung oleh Danrem 172/VWY Kolonel Inf Jonathan B Sianipar selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dan Kolaks Ops).

Korban banjir bandang yang menerjang 9 kelurahan di Kecamatan Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua terus bertambah.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved