Pemilu 2019

Sebulan Menjelang Pemilu, Komisioner KPU di Provinsi Maluku dan Maluku Utara Belum Juga Dilantik

Persiapan pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah mencapai 80 persen.

Sebulan Menjelang Pemilu, Komisioner KPU di Provinsi Maluku dan Maluku Utara Belum Juga Dilantik
Tribunnews.com/ Danang Triatmojo
Ketua KPU RI Arief Budiman di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (18/3/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Persiapan pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah mencapai 80 persen.

Hal tersebut dikatakan Ketua KPU RI, Arief Budiman saat mengisi Seminar Nasional bertajuk Prospek Demokrasi Elektoral Indonesia Dalam Penyelenggara Pemilu Tahun 2019, di Gedung Moch Ikshan Lantai 8, Balai Kota Semarang, Jalan Pemuda, Kota Semarang, Selasa (19/3/2019).

Dia mengatakan, regulasi terkait penyelenggaraan pemilu sudah diselesaikan.

Anggaran penyelenggaraan pemilu juga telah disiapkan. Sebagian besar produksi logistik telah selesai dan melanjutkan proses distribusi.

KPU juga sudah melakukan perekrutan personil penyelenggara pemilu. Adapun saat ini, proses yang sedang dilakukan oleh KPU yaitu perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Semua sudah berjalan tepat waktu. Kami tinggal lanjutkan apa yang memang dijadwalkan akan dikirimkan pada tahap berikutnya," terangnya.

Hanya saja, lanjut Arief, terdapat Komisioner KPU di dua provinsi yang hingga kini belum dilantik, yakni komisioner KPU di Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Dia memastikan dua hingga tiga hari kedepan akan ada proses pelantikan bagi kedua KPU provinsi tersebut.

"Hari ini kami mengirim dua orang kesana untuk melakukan fit and proper tes mungkin dua tiga hari kedepan akan melakukan pelantikan," katanya.

Dia melanjutkan, pihaknya sangat berhati-hati dalam memilih anggota KPU pada periode ini. Sebab, menjelang masa pemilihan, anggota KPU yang bakal dilantik ini harus benar-benar siap kerja.

Halaman
12
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved