Pegiat Sejarah Kritik Pemkot Pekalongan yang Dinilai Belum Melindungi Aset Sejarah

Pria paruh baya ini terus menatap ke arah sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Cipto Mangunkusumo Kota Pekalongan.

Pegiat Sejarah Kritik Pemkot Pekalongan yang Dinilai Belum Melindungi Aset Sejarah
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Di Jalan Cipto Mangunkusumo Kota Pekalongan inilah dahulu pernah ada Gedung Bioskop Rahayu, yang termasyur di Kota Batik tersebut, kini hanya tinggal kenangan karena menjadi pusat perbelanjaan. 

TRIBUNNEWS.COM, PEKALONGAN - Pria paruh baya ini terus menatap ke arah sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Cipto Mangunkusumo Kota Pekalongan.

 Bahkan Yulianto (65) sampai tak menghiraukan lalu lalang masyarakat dan keramaian kendaraan di jalan raya yang ada di sekitarnya. 

Dia sempat beberapa kali bertanya kepada orang sekitar tentang bangunan bertuliskan Rahayu di kompleks perbelanjaan tersebut.

Diketahui Rahayu merupakan gedung bioskop yang ada di Kota Pekalongan dan namanya termasyhur di era 1980.

"Apa sudah tidak ada lagi Gedung Bioskop Rahayu, kenapa sudah menjadi pusat perbelanjaan seperti ini," kata Yulianto, Kamis (21/3/2019).

Yulianto yang pernah tinggal di Kota Pekalongan pada 1970 hingga 1980 tersebut menuturkan, sering menyaksikan film Indonesia maupun film barat di Bioskop Rahayu.

"Saya masih ingat waktu itu tiket bioskop hanya Rp 500 untuk film Indonesia, bahkan saat itu sangat ramai sekali, baik film Indonesia, India, dan barat diputar di Bioskop Rahayu. Tapi sekarang sudah menjadi pusat perbelanjaan seperti ini," paparnya.

Sementara itu, Moch Dirhamsyah, pegiat sejarah Kota Pekalongan menjelaskan, bioskop di Kota Pekalongan sudah ada dari 1920.

"Gedung bioskop tertua di Pekalongan bernama Royal Sinema, kemudian berubah nama menjadi Bioskop REX kemudian Rahayu," jelasnya.

Gedung Bioskop Rahayu diterangkannya juga sebagai tempat pertemuan, bahkan pada 1930 pernah digunakan oleh Presiden Soekarno.

Halaman
12
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved