Sempat Muncul di Dekat Ambon Plaza, Kini Buaya Tersebut Dikembalikan ke Habitatnya

Buaya sepanjang 1,15 meter bejenis kelamin jantan ditangkap di gorong-gorong tak jauh dari pusat perbelanjaan Ambon Plaza pada 6 Maret lalu

Sempat Muncul di Dekat Ambon Plaza, Kini Buaya Tersebut Dikembalikan ke Habitatnya
Pos Kupang/Teny Jenahas
Inilah buaya yang sering muncul Kali Motadik-Malak-NTT. POS KUPANG/TENY JENAHAS 

TRIBUNNEWS.COM, AMBON - Dua ekor buaya muara dilepasliarkan oleh Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku ke habitatnya yang baru di Sungai Salawai, Desa Sawai, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (24/3/2019).

Kedua buaya yang dilepas liarkan ini sebelumnya ditangkap warga di dua lokasi berbeda.

Baca: Seorang Nenek Tembak Buaya 3,6 Meter Setelah Sang Reptil Terkam Kuda Kesayangannya

Buaya sepanjang 1,15 meter bejenis kelamin jantan ditangkap di gorong-gorong tak jauh dari pusat perbelanjaan Ambon Plaza pada 6 Maret lalu.

Selanjutnya, buaya lainnya yang dilepasliarkan berukuran 1,25 meter, ditangkap warga di Dusun Air Besar, Desa Mamala, Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah pada 13 Maret lalu.

Kepala BKSDA Maluku, Muhtar Amin Ahmadi mengatakan, sebelum dilepasliarkan ke habitatnya yang baru, dua ekor hewan reptil itu mendapat perawatan dari dokter karena mengalami luka di bagian mulutnya.

"Perawatan dilakukan oleh Drh Dirwan selama kurang lebih dua Minggu dan setelah dinyatakan sehat maka hari ini kedua buaya itu dilepasliarkan," ungkap Amin kepada wartawan,Minggu (24/3/2019).

Dia mengatakan, tim Wilddlife Rescue Unit (WRU) BKSDA Maluku yang bertugas melepasliarkan dua buaya tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Resort Pulau Ambon, Junaidi Sam.

Tim mulai berangkat dari Ambon pada Sabtu siang menuju Desa Sawai dengan jarak tempuh yang cukup jauh melalui perjalanan laut dan darat dengan waktu tempuh 9 jam.

"Tim baru tiba di Desa Sawai sekitar pukul 21.00 wit dan hari ini baru bisa melepasliarkan dua ekor buaya tersebut,"katanya.

Dia menjelaskan tim bergerak menyusuri sungai Salawai di Desa Sawai dengan menggunakan longboat.

Halaman
12
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved