Pilpres 2019

Sama Kuat Jokowi dan Prabowo di TPS RSJ Daerah Surakarta

Diketahui para pemilih merupakan pasien dengan gangguan jiwa yang telah mendapat izin mencoblos dari dokter.

Sama Kuat Jokowi dan Prabowo di TPS RSJ Daerah Surakarta
Dok. Pribadi RSJD Surakarta
Hasil penghitungan suara di RSJD Surakarta

TRIBUNNEWS.COM – Hasil yang unik didapat antara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, yakni sama kuat alias imbang mendapatkan suara dalam penghitungan suara di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta atau TPS 108, Jebres, Surakarta.

Diketahui para pemilih merupakan pasien dengan gangguan jiwa yang telah mendapat izin mencoblos dari dokter.

Berdasarkan laporan C1 TPS 108 Jebres yang diterima Kompas.com dari Koordinator Humas RSJ Daerah Surakarta, Totok Hardiyanto, Rabu (17/4/2019) siang, kedua paslon sama-sama memperoleh 29 suara.

Total suara yang ada di TPS ini adalah 61 orang, 58 di antaranya dinyatakan sah, sementara tiga yang lain dinyatakan tidak sah karena berbagai hal.

Sebelumnya, terdapat 77 pasien RSJ Daerah Surakarta yang dinyatakan layak memilih dan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Akan tetapi, karena berbagai hal, misalnya kondisi pasien yang berubah menjadi tidak stabil, atau pasien yang sudah diperbolehkan pulang, jumlah itu menyusut pada hari-H atau saat pencoblosan.

TPS 108 Jebres ini dibuat di dalam ruangan lengkap dengan pendingin ruangan di Aula Indraprasta lantai 1 di RSJ Daerah Surakarta.

Baca: Di TPS Amien Rais, Prabowo-Sandi Kalah dari Jokowi-Maruf

Menurut Totok, hal ini dapat menciptakan suasana nyaman bagi para pemilih.

Sebelum melakukan pencoblosan di bilik suara hari ini, para pasien mendapatkan sosialisasi tentang Pemilu Serentak 2019 dari KPU yang menyampaikan segala hal terkait landasan hukum dan teknis pelaksanaan pemilu.

Para pasien yang merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) itu pun antusias mengikuti sosialisasi yang digelar.

Berbagai pertanyaan pun mewarnai sesi sosialisasi, sebagai bentuk antusias mereka.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hasil Pemilu di RSJ Daerah Surakarta, Jokowi dan Prabowo Imbang", https://regional.kompas.com/read/2019/04/17/16342201/hasil-pemilu-di-rsj-daerah-surakarta-jokowi-dan-prabowo-imbang.
Penulis : Luthfia Ayu Azanella

Editor: Johnson Simanjuntak
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved