Dua Pemotong Dana Hibah Pemkab Tasikmalaya Divonis 2 Tahun, Sekda Abdulkodir Dipidana 1 Tahun

Terdakwa Abdulkodir selaku Sekda Pemkab Tasikmalaya yang pertama kali menyuruh mencari penerima hibah kemudian memotong dana hibah

Dua Pemotong Dana Hibah Pemkab Tasikmalaya Divonis 2 Tahun, Sekda Abdulkodir Dipidana 1 Tahun
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Dua terdakwa kasus korupsi pemotongan dana hibah Pemkab Tasikmalaya dari unsur swasta, Mulyana dan Setiawan dipidana penjara lebih berat dibanding terdakwa lainnya dari unsur ASN Pemkab Tasikmalaya. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG-Dua terdakwa kasus korupsi pemotongan dana hibah Pemkab Tasikmalaya dari unsur swasta, Mulyana dan Setiawan dipidana penjara lebih berat dibanding terdakwa lainnya dari unsur ASN Pemkab Tasikmalaya.

Dalam sidang putusan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Jalan LLRE Martadinata, ketua majelis hakim, M Razad menyatakan sembilan terdakwa bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur di Pasal 3 Undang-undang Pemberantasan Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 juncto Pasal 65 ayat 1 KUH Pidana.

"Menjatuhkan pidana penjara selama 2 tahun 6 bulan dan menghukum terdakwa Mulyana mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 650 juta.

Baca: Sambut Era Digital, Aplikasi APAPO Pecah Antrian Pembuatan Paspor di Imigrasi Surakarta

Baca: Sandiaga Uno Buka Suara Setelah Ramai Tagar #MisteriHilangnyaSandiagaUno

Dan menjatuhkan pidana selama 2 tahun untuk terdakwa Setiawan dan menghukum terdakwa mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 350 juta," ujar M Razad.

Dalam pertimbangan hakimnya, Mulyana dan Setiawan berperan mengurus dan mengumpulkan penerima hibah, membuat proposal‎ hingga memotong dana hibah setelah dicairkan penerima hibah lewat bank.

Keduanya juga terlibat memalsukan administrasi badan hukum dari penerima hibah.

Selain itu, keduanya juga menggunakan dana hasil potongan untuk kepentingan pribadi dan belum mengembalikan kerugian negara.

Sementara itu, ‎terdakwa Abdulkodir selaku Sekda Pemkab Tasikmalaya yang pertama kali menyuruh mencari penerima hibah kemudian memotong dana hibah itu, dipidana lebih rendah dari Mulyana dan Setiawan.

Dari hasil potongan penerima hibah itu, Abdulkodir menerima Rp 1,4 miliar namun telah dikembalikan.

Halaman
123
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved