Tiga Maskapai Penerbangan Ajukan Usulan Izin Rute Operasi di Yogyakarta International Airport

Masa awal operasi penerbangan di YIA ini, menurutnya baru akan ada dua slot penerbangan dulu yakni Citilink dan Batik Air.

Tiga Maskapai Penerbangan Ajukan Usulan Izin Rute Operasi di Yogyakarta International Airport
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
PROVING FLIGHT. Pesawat Citylink rute Bandara Soekarno Hatta (CGK) - Yogyakarta International Airport (YIA) terparkir seusai mendarat dengan sukses dalam proving flight atau penerbangan uji coba take off dan landing di Yogyakarta International Airport, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Kamis (2/5/2019). Pesawat Citylink yang tidak membawa penumpang tersbeut melakukan uji coba bandara sebelum mulai akan beroperasi secara komersial pada 6 Mei mendatang. 

TRIBUNNEWS.COM, KULON PROGO - Tiga maskapai penerbangan mengajukan usulan izin rute operasi ke Yogyakarta International Airport (YIA) alias Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) di Kabupaten Kulon Progo.

Kementerian Perhubungan sendiri memastikan 6 Mei 2019 nanti sudah ada penerbangan resmi yang dilayani bandara ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, ketiga maskapai yang sudah mengusulkan rute itu adalah Citilink, Batik Air, dan Lion Air.

"Saat ini, ketiga maskapai sedang mempelajari rute mana saja yang akan dilayani via YIA. Namun, sudah dipastikan pada rute Jakarta-YIA segera beroperasi, khususnya untuk Citilink," kata Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi  saat mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla meninjau perkembangan pembangunan YIA, Sabtu (4/5/2019).

"Sudah dipastikan kalau Citilink dari Jakarta-Yogyakarta-Jakarta. Sedangkan Batik dari Jakarta-Yogyakarta lalu ke Bali. Insyaallah tanggal 6 ada Citilink dan tanggal 10 Batik atau Lion," kata Budi Karya.

Masa awal operasi penerbangan di YIA ini, menurutnya baru akan ada dua slot penerbangan dulu yakni Citilink dan Batik Air.

Baca: Polisi Sudah Temukan Bukti Awal Pilot Lion Air Pukul Pegawai Hotel di Surabaya

Penambahan akan dilakukan bertahap dalam hitungan hari karena ada kecenderungan potensi yang bagus di lapangan.

Pihaknya dalam hal ini memberi kebebasan pada maskapai untuk merencanakan rutenya sedangkan Kemenhub tinggal mengarahkan saja.

Baca: Jadwal Sidang Isbat dan Live Streaming Penentuan 1 Ramadhan 1440 H/2019 di 3 TV Nasional

Apalagi, jelang momen Lebaran sudah dipastikan slot di Bandara Adisucipto Yogyakarta bakal terisi penuh dan ini jadi kesempatan untuk mengarahkan penerbangan melalui YIA.

"Lebaran pasti banyak kesempatan. Yogyakarta dengan keadaan sekarang ini sudah penuh. Ini jadi kesempatan bagi kita (untuk buka penerbangan di YIA). Slot ini akan banyak membantu pergerakan (arus mudik) dari Jakarta ke Jawa bagian selatan," kata Menhub.

Sedangkan terkait operasi penerbangan internasional, Budi menyebut pihaknya masih menunggu kepastian dari maskapai.

Mereka membutuhkan sekitar dua minggu untuk mengurus dokumen-dokumen terkait izin operasi rute di YIA sedangkan untuk izin slot di tingkat kementerian, hal itu sudah dibahasnya bersama Direktur Jenderal Perhubungan Udara.

"Kita tidak akan memaksakan penerbangan internasional dulu karena mereka butuh waktu dia minggu untuk persiapkan dokumen, Izin slot kami bahas langsung dengan Dirjen. Karenanya, beberapa slot Batik dan Citilink langsung kita setujui," kata Budi. (Tribun Jogja/ing)

Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved