Potensi Gempa 8,9 SR di Mentawai Sumbar, Simak Penjelasan BMKG

Daryono meminta masyarakat untuk terus waspada dan tidak lengah untuk bisa meminimalisasi dampak negatif dari gempa yang bisa memicu tsunami.

Potensi Gempa 8,9 SR di Mentawai Sumbar, Simak Penjelasan BMKG
Tribun Timur
Ilustrasi gempa situbondo dan buol, Sulteng hari ini 

TRIBUNNEWS.COM, PADANG - Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono meminta masyarakat untuk terus waspada dan tidak lengah untuk bisa meminimalisasi dampak negatif dari gempa yang bisa memicu tsunami.

Hal ini diungkapkan Daryono menanggapi adanya ancaman gempa bermagnitudo 8,9 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) dan daerah sekitarnya.

"Sampai akhir zaman ancaman itu ada. Itu sumber gempa tumbukan lempeng Indo-Australia dan Euroasia," ujar Daryono saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/5/2019) seperti dikutip Tribunnews.

Daryono mengatakan, ancaman kekuatan maksimal bermagnitudo 8,9 dan kemungkinan bisa di bawah itu.

Daryono mengakui dampak negatif ketika terjadi gempa dapat mengakibatkan kerusakan yang parah, bahkan bisa sampai ke daerah tetangga yaitu Bengkulu dan Sumatera Utara.

Baca: Sebelum Kabur Bersama 29 Tahanan Lainnya, Arif Minta Sang Istri Bawakan Gergaji Besi

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, informasi ancaman gempa tidak boleh membuat masyarakat takut dan harus membuat meningkatkan kewaspadaan.

"Jangan takut dan lari dari Sumbar, tapi mari tingkatkan kewaspadaan. Kapan meledaknya, kita tidak tahu," ujarnya.

Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi (Pixabay)

Nasrul Abit mengatakan, menurut penelitian pakar dan ahli gempa dari Jepang, 200 mil dari Mentawai yakni Samudera Hindia, ada potensi gempa yang diprediksi bermagnitudo 8,9.

Seandainya itu terjadi akan ada tsunami dengan kecepatan mencapai 827 km per jam dan ketinggian ombak 12 meter ke Kota Padang.

"Mau tidak mau bencana tersebut juga akan menimpa Bengkulu, terutama Muko-muko. Maka kita yang tinggal di sepanjang pantai barat harus tetap waspada dan diberikan edukasi, sembari tetap berdoa agar hal tersebut tidak terjadi," ujarnya.

Baca: UPDATE Hasil Real Count KPU Pilpres 2019 Jokowi VS Prabowo, Hari Senin 6 Mei 2019 Data Masuk 68,21%

Para pakar dan ahli beberapa waktu lalu ketika datang ke Sumbar bersama kepala BNPB, kata Nasrul, mengingatkan apabila terjadi gempa selama 30 detik, baik kuat, sedang atau lemah, memiliki potensi tsunami.

Masyarakat terutama di pinggir pantai diminta untuk segera mengungsi. (Kompas.com/Perdana Putra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penjelasan BMKG Terkait Potensi Gempa Bermagnitudo 8,9 di Mentawai"

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved