Home »

Sains

AK-12, Versi Modern Senjata Serbu AK-47 yang Legendaris

Walau ironi, pasar sipil Amerika Serikat justru merupakan pasar terbesar bagi produk mereka, yang mendambakan senjata berharga murah.

AK-12, Versi Modern Senjata Serbu AK-47 yang Legendaris
Angkasa

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Sang legenda dunia persenjataan, inventor hebat, dan pahlawan Rusia Mikhail Kalashnikov meninggal dengan tenang pada usia 94 tahun di Kota Izhevsk pada 23 Desember 2013.

Senapan serbu AK-47 warisannya telah mengubah wajah pertempuran, membuat prajurit dapat bertempur secara efisien dengan meringankan beban yang harus dibawa serta meningkatkan kapasitas peluru.

Penghargaan apa yang lebih baik bagi seorang penemu selain kelanjutan penggunaan ciptaannya?

Angkatan bersenjata Rusia baru-baru ini mengumumkan bahwa AD Rusia akan mengadopsi AK-12 (AK-200) menggantikan AK-74 sebagai senapan serbu standar. Sebagai langkah awal, 70.000 pucuk AK-12 sudah dibeli secara bertahap mulai 2012.

AK-12 adalah lompatan jauh diluar AK-47 dan AK-74.

Sejumlah napas penyempurnaan ditiupkan ke dalam AK-12, sehingga memiliki fitur modern dan kini setanding dengan senapan serbu lainnya, atau boleh dikatakan, menjadi revolusi bagi desain AK-47 dan 74, tanpa meninggalkan sisi kepraktisannya yang membuat karya Mikhail Kalashnikov legendaris.

Desain atas AK-12 tidak lagi lahir dari tangan Mikhail Kalashnikov. Sebagai gantinya, tim di bawah arahan Vladimir Zlobin mengembangkan langsung AK-12 sebagai derivat Kalashnikov yang paling sempurna.

Tujuan penyempurnaan adalah untuk meningkatkan faktor ergonomi, menambahkan fitur modern agar tetap kompetitif di pasar senjata dunia yang terus berevolusi serta menjaga agar setia pada tradisi keluarga besar AK-47 yang bandel, mudah dan minim perawatan namun akurat.

AK-12 sendiri bentuknya sudah berubah berkali-kali. Bentuk awalnya masih mirip AK-100 series. Lalu setelah berbagai penyempurnaan, AK-12 kini mencapai bentuk kelima, dan dianggap sudah mencapai bentuk final.

Perubahan paling kentara dibanding AK-47 dan AK-74 adalah sosoknya yang menggunakan garis desain tegas. Sisi kiri dan atas terlihat menyudut, berbeda dengan pendahulunya yang banyak menggunakan sudut melengkung.

Halaman
1234
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Angkasa
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help