Home »

Sains

Mengenal Lebih Jauh tentang Menara Pengatur Penerbangan Alias ATC

Karena keberadaannya yang demikian penting, tak heran ATC dipandang sebagai bagian terpenting dalam dunia penerbangan.

Mengenal Lebih Jauh tentang Menara Pengatur Penerbangan Alias ATC
BUMN.GO.ID
ILUSTRASI: Petugas Airnav bertugas di menara ATC 

TRIBUNNEWS.COM - Kita sering melihat menara ATC memiliki ketinggian berbeda-beda.

Apakah ketinggian yang berbeda-beda dari menara ATC sesuai standar yang baku?

Setiap pendirian menara pengawas PLLU (Pengatur Lalu Lintas Udara) atau ATC (Air Traffic Controller) di bandara-bandara, tentunya didirikan berdasarkan kebutuhan dan keunikan  karakteristik bandara dan daerah tersebut.

Lokasi dan ketinggian menara tergantung dari anggaran tersedia, keamanan, dan kemampuan pandangan (visibility) yang didapat dari ketinggian menara tersebut.

Ada dua faktor yang dipergunakan yaitu Object Discrimination dan Line of Sight Angle of Incidence. Keduanya untuk menghitung pengaruh ketinggian menara pada persepsi jarak pengatur lalu lintas udara.

Ketinggian menara ATC harus diperhitungkan terhadap posisinya di bandara dan pengaruhnya terhadap orientasi ruang seluas 360 derajat sekeliling, sudut padang bawah, sudut pandang atas, pandangan ke ujung landasan, pandangan ke posisi pendaratan pesawat, area pergerakan dan non pergerakan di bandara serta tidak boleh terhalangi oleh apapun.

Selanjutnya tentu saja menara ATC tidak boleh menjadi penghalang dalam pergerakan pesawat di darat dan udara.

Jaraknya cukup jauh dari pergerakan pesawat baik saat taxi, take off dan landing.

Sebagai contoh salah satu bandara paling modern di Asia Tenggara seperti Bandara Suvanabhumi yang memiliki menara ATC tertinggi di dunia.

Dengan ketinggian 434 kaki atau 132.2 meter. Sedangkan menara ATC Bandara Vancouver Harbour di Kanada mencatat rekor sebagai menara ATC ”tertinggi” karena berada di atas gedung pencakar langit setinggi 465,88 kaki atau 142 meter.

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Angkasa
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help