Home »

Sains

Gremlin, Proyek yang Disiapkan AS untuk Pertempuran Udara Masa Depan

Proyek Gremlin akan menggagas satu kumpulan UAS (Unmanned Aircraft Systems) yang dapat dioperasikan jarak jauh.

Gremlin, Proyek yang Disiapkan AS untuk Pertempuran Udara Masa Depan
dronewars.net
Ilustrasi drone atau pesawat tanpa awak. 

TRIBUNNEWS.COM - Menurut Anda, bagaimana pertempuran udara di masa depan? Pesawat nirawak (UAV) saling berhadap-hadapan, saling kunci dan berusaha menjatuhkan, dikendalikan ratusan kilometer jauhnya oleh awak yang mungkin mengendalikan UAV-nya sambil bersantai?

Mungkin ini akan terjadi dalam 10 tahun mendatang, akan tetapi Departemen Pertahanan AS punya ide yang lebih baik: daripada satu lawan satu, lebih baik keroyok saja musuh, pasti kita akan lebih unggul!

Ide inilah yang mendasari proyek Gremlin yang digagas oleh DARPA (US Defense Department’s Advanced Research Program Agency).

Proyek Gremlin akan menggagas satu kumpulan UAS (Unmanned Aircraft Systems) yang dapat dioperasikan jarak jauh.

Tujuannya, UAS ini akan beroperasi di area yang rawan terhadap sistem pertahanan musuh dengan radar yang sensitif, atau wilayah dalam gangguan elektromagnetik yang tinggi.

UAS tersebut akan dibawa oleh sebuah pesawat induk, diluncurkan di tengah penerbangan, dan bisa kembali ke pesawat induk apabila sudah kehabisan bahan bakar.

Platform pembawanya beraneka ragam, mulai dari MC-130, B-52, F-15E, dan pesawat lainnya yang sudah dimodifikasi dengan memadai.

Awak pengendali UAS akan ikut terbang dengan pesawat induknya. Ia akan mengoperasikan kumpulan UAS itu dengan sistem kendali tunggal dari jarak aman.

Dengan desain ini, dibutuhkan lebih sedikit awak untuk melaksanakan misi, dan tentu saja lebih aman.

UAS-UAS yang dioperasikan akan memiliki kecerdasan artifisial untuk saling mengenali satu sama lain, berbagi informasi dengan sistem datalink, menetapkan prioritas misi dan UAS mana yang akan melaksanakannya.

Halaman
123
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Angkasa
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help