Home »

Sains

Pesawat Angkut Militer C-27J: Muatan Kelas Menengah, Performa Kelas Berat

Walau dari segi dimensi relatif sejajar, C-27J mampu mengangkut 11 ton muatan, selisih dua ton dari kompetitornya.

Pesawat Angkut Militer C-27J: Muatan Kelas Menengah, Performa Kelas Berat
ANGKASA
Pesawat angkut militer C-27J 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Pada dekade 1960-an Pakta Pertahanan Atlantik Utara berencana mengadakan sebuah pesawat angkut kelas medium dengan kemampuan lepas landas dan mendarat di landasan pendek (Short Take off and Landing/STOL) atau bahkan yang memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal (VTOL).

Engineer Fiat Aviazione yang dipimpin Giuseppe Gabrielli langsung membuat rancangan sebuah pesawat turboprop menggunakan mesin Rolls-Royce Dart dengan kemampuan VTOL.

Pesawat ini kelak bisa beroperasi dengan sedikit dukungan dari kru darat. Misalnya, ia tidak perlu lagi di-pushback karena baling-balingnya yang bisa berputar ke arah berlawanan.

Pesawat ini diberi nama G.222.

Sayang, cetak biru G.222 tidak disambut baik oleh NATO. Bahkan tidak lama kemudian Fiat Aviazione dinyatakan pailit dan digabung dengan pabrikan pesawat asal Italia lainnya, Alenia Aermacchi.

Angkatan Udara Italia di sisi lain tertarik dengan desain pesawat ini dan memesan dua purwarupa dan sebuah airframe untuk keperluan uji coba.

AU Italia berniat menguji sendiri purwarupa itu dengan mengganti mesin Rolls-Royce Dart dengan mesin General Electric T64 yang tergolong lebih baru.

Desain twin boom tail juga diubah menjadi jenis yang paling umum digunakan pesawat. AU Italia juga menghilangkan kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Tanggal 18 Juli 1970, G.222 berhasil menuntaskan penerbangan perdananya di bawah kendali pilot uji Vittorio Sanseverino.

Puas dengan hasil uji terbang, AU Italia langsung menandatangani kontrak 44 unit G.222 dan diikuti pesanan lainnya dari Argentina, Nigeria, Somalia, Venezuela, dan Thailand.

Halaman
1234
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Angkasa
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help