Home »

Sains

Jangan Pipis di Depan Gajah, Apa Alasannya?

"Gajah betina hidup sampai usia pertengahan tujuh puluhan. Sebagian besar hidup sekitar 40 atau 50 tahun."

Jangan Pipis di Depan Gajah, Apa Alasannya?
BBC
Kawanan gajah 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ahli psikologi dan zoologi Profesor Phyllis Lee menghabiskan sebagian besar hidupnya di Kenya untuk mempelajari gajah Afrika.

Dari tahun-tahun penelitiannya yang mendalam itu dia menyampaikan sejumlah pengetahuan yang tidak biasa ini. Berikut ulasannya:

1. Di dunia gajah, peran nenek sangat penting

Penelitian Phyllis dimulai pada tahun 1972 saat dia mempelajari sejumlah keluarga gajah yang rata-rata memiliki tujuh anggota. Sekarang, berkat program konservasi, jumlah itu telah meningkat menjadi 16.

Satu keluarga gajah yang dia tangani memiliki lebih dari 50 anggota keluarga: Phyllis tahu siapa yang melahirkan saat berada di keluarga ini, siapa yang membantu mereka melahirkan, dan siapa yang merawat bayi-bayi gajah.

Dia mengatakan, "Jika ada seekor nenek gajah hadir dalam keluarga gajah, maka peluang bayi gajah untuk bertahan hidup, akan lebih besar."

2. Komunikasi suara menjaga kebersamaan

Gajah menggunakan komunikasi vokal untuk menyapa dan juga untuk mengidentifikasi individu lain dari keluarga yang berbeda.

Menurut Phyllis mereka bisa membedakan teman dari musuh.

"Dulu, salah satu rekan saya memainkan rekaman suara gajah asing - gajah betina yang direkam dari Afrika bagian selatan, benar-benar asing. Dan mereka langsung menyasar mobil kami. Saya tidak pernah begitu takut."

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Sumber: BBC Indonesia
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help