Home »

Sains

Selalu Cek Bagian Bawah Tabung Gas, Itu Tempat Favorit Ular

Ular masuk rumah sejatinya hal yang biasa. Sebagian dari kita, ada yang ketakutan, ada pula yang dengan penuh ketenangan mengatasinya.

Selalu Cek Bagian Bawah Tabung Gas, Itu Tempat Favorit Ular
Istimewa
Seekor ular sanca sepanjang tiga meter, ditemukan di dalam laci di Ndalem Tejokusuman, Sabtu (1/4/2017) sekitar pukul 09.00 WIB. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ular masuk rumah sejatinya hal yang biasa. Sebagian dari kita, ada yang ketakutan, ada pula yang dengan penuh ketenangan mengatasinya.

Sekali lagi, ular masuk rumah adalah hal yang biasa. Meski demikian, ada baiknya kita “sedia payung sebelum hujan” untuk mencegah hal-hal yang tak kita inginkan.

Pertama-tama, pastikan kebersihan rumah kita selalu terjaga.

“Pastikan rumah bersih dan minimalkan barang-barang yang menumpuk karena ini bisa membuat kondisi lembap yang biasanya disukai ular liar,” ujar Tyas, salah satu anggota komunitas Sioux Ular Indonesia, di sela acara Indonesia Community Day 2017 di Yogyakarta, Sabtu (13/5).

Selain menjaga rumah tetap bersih, pencegahan juga bisa dilakukan dengan menggunakan pewangi ruangan.

Bau wewangian ruangan ini tidak disukai hewan melata tersebut sehingga ular keluar ruangan dengan sendirinya.

“Tutup pintu, kemudian setelah 10 menit buka pintunya lagi. Nantinya ular akan keluar dengan sendirinya karena bau dari pewangi ruangan,” kata Tyas.

Selain itu, kita juga bisa menutup semua akses masuk rumah, termasuk saluran air maupun atap rumah.

Perlu diperhatikan juga, ular ternyata menyukai tabung gas 12 kg—hal ini disebabkan karena bagian bawah tabung ini kerap lembab dan kering dan sangat nyaman untuk ular bersarang.(*)

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help