Home »

Sains

5 Juni 1967: Serangan Israel Mengawali Perang 6 Hari, Begini Jalannya Pertempuran

Salah satu kisah perang paling terkenal dalam sejarah dunia adalah Perang Enam Hari antara Israel melawan Mesir, Jordania, dan Suriah.

5 Juni 1967: Serangan Israel Mengawali Perang 6 Hari, Begini Jalannya Pertempuran
net
Perang Yom Kippur 

TRIBUNNEWS.COM - Salah satu kisah perang paling terkenal dalam sejarah dunia adalah Perang Enam Hari antara Israel melawan Mesir, Jordania, dan Suriah.

Perang Enam Hari dimulai pada 5 Juni 1967 dengan serangan udara mendadak Israel yang mengakibatkan ratusan pesawat tempur AU Mesir hancur.

Di saat yang sama Israel juga menggelar serangan darat ke Jalur Gaza dan Semenanjung Sinai.

Mesir yang tak menduga serangan mendadak itu kelabakan dan terpaksa mundur dari Sinai sehingga pasukan Israel menduduki semenanjung itu.

Mesir kemudian menyeret Jordania dan Suriah ke dalam perang. Namun, serangan balasan Israel membuat negeri itu merebut Jerusalem Timur dan Tepi Barat dari Jordania serta dataran tinggi Golan dari Suriah.

Pada 11 Juni 1967, gencatan senjata diteken. Saat perang berakhir korban tewas di pihak Mesir, Jordania, dan Suriah mencapai hampir 20.000 orang. Sedangkan Israel hanya kehilangan kurang dari 1.000 tentara saja.

Perang ini dipicu dengan penumpukan pasukan negara-negara Arab di perbatasan Israel sebagai persiapan perang melawan negeri Yahudi itu.

Pada 27 mei 1967, Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser mengatakan, tujuan utama negara-negara Arab adalah menghancurkan Israel.

Mesir kemudian menekan pakta aliansi dengan Jordania pada akhir Mei yang isinya kedua negara akan memberi bantuan jika salah satu dari mereka diserang Israel.

Penandatanganan kesepakatan aliansi Mesir dan Jordania ini di mata Israel jelas merupakan sebuah pernyataan perang.

Halaman
1234
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help