Home »

Sains

6 Juni 1984: Militer India Menyerbu Kuil Emas di Amritsar

Pada 6 Juni 1984, militer India menyerbu Kuil Emas diAmritsar, negara bagian Punjab yang diduduki kelompok militan Sikh.

6 Juni 1984: Militer India Menyerbu Kuil Emas di Amritsar
(Ian Sewell/Wikipedia)
Kuil Harmandir Sahib atau Kuil Emas di waktu malam hari. 

TRIBUNNEWS.COM - Pada 6 Juni 1984, militer India menyerbu Kuil Emas diAmritsar, negara bagian Punjab yang diduduki kelompok militan Sikh.

Operasi militer bersandi Blue Star itu digelar atas perintah Perdana Menteri Indira Gandhi untuk menyingkirkan pemimpin kelompok militanSikh Jarnail Singh Bhindranwale.

Bhindranwale dan pengikutnya menduduki kompleks kuil Harmandar Sahib sebagai puncak perlawanan umat Sikh yang merasa didiskriminasi warga mayoritas Hindu.

Tujuan utama Bhindranwale adalah meloloskan Resolusi Anandpur yang dikumandangkan partai politik Sikh, Shiromani Akali Dal pada 1973 dan menginginkan negeri Khalistan yang terpisah dari India.

Sebelum berkonflik dengan pemerintah India, Bhindranwale sudah menjadikan kompleks kuil Harmandar Sahib atau Kuil Emas sebagai basis organisasinya sejak 1982.

Situasi memanas ketika pada 23 April 1983, deputi inspektur jenderal kepolisian Punjab AS Atwal tewas ditembak ketika meninggalkan Kuil Emas.

Saat itu Harmandir Sahib dan permukiman di sekitarnya disulap menjadi perbentengan bahkan, menurut harian The Statesman, sejumlah senapan mesin ringan dan senjata semi-otomatis dibawa masuk ke kompleks itu.

Kembali ke Operasi Blue Star, PM Indira Gandhi awalnya meminta Letjen SK Sinha, calon panglima AD India untuk merancang serangan ke Kuil Emas.

Namun, Letjen Sinha menentang operasi militer di kuil itu karena nilai keagamaanny yang sangat tinggi di mata umat Sikh. Sehingga Sinha menyarankan langkah-langkah alternatif.

Namun, PM Indira Gandhi tak menyukai usulan Sinha dan mencopotnya dari jabatan dan pencalonannya.

Halaman
123
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help