Home »

Sains

Kenapa Kucing Membenci Air? Simak Penjelasan Berikut

Kucing merawat dirinya sendiri dengan cara membersihkan dirinya sendiri. Ia mampu melakukannya sendiri tanpa bantuan manusia.

Kenapa Kucing Membenci Air? Simak Penjelasan Berikut
Richard Susilo
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM - Tidak ada seorang pemilik kucing pun yang pernah berusaha untuk memandikan kucing peliharannya tanpa mendapat cakaran terlebih dahulu.

Sama seperti perilaku kucing lainnya, kebencian kucing terhadap air ini sudah sangat kita ketahui namun sangat misterius pula. Mengapa kucing sangat membenci air, ya?

Pertama, kebanyakan kucing tidak dapat berenang seperti anjing. Sama seperti kita yang secara otomatis menghindarkan diri terlalu dekat dengan tepi yang curam.

Misalnya balkon dengan pembatas yang rendah dan tepi jurang tanpa palang pembatas.

Kita serta merta menjauhi tempat-tempat seperti itu karena kita takut jatuh. Begitu pula dengan kucing, karena sebagian dari mereka tidak mampu berenang, kucing-kucing menjadi takut dengan air.

Kucing tidak suka saat bulu-bulunya basah sebab bagi kucing bulu merupakan mantel pelindung yang membuatnya tetap merasa hangat.

Untuk kucing-kucing yang berada di alam liar, menjadi basah menandakan bahwa tubuhnya kehilangan banyak kalori yang bisa membawanya kepada kematian.

Teori lainnya adalah kucing tidak membutuhkan air untuk tetap bersih.

Kucing merawat dirinya sendiri dengan cara membersihkan dirinya sendiri. Ia mampu melakukannya sendiri tanpa bantuan manusia.

Kucing tidak merasa bersih dengan dimandikan dan diberi sabun yang wangi.

Sebaliknya, ia merasa air merupakan sesuatu yang membuat dia kedinginan. Selain itu, ia juga merasa jijik dengan air karena instingnya yang menyatakan bahwa menjadi bersih bukanlah dengan mandi.

(whydo.com)

Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help