Home »

Sains

Tiga Dara Cantik Ciptakan Three Maskerteens, Masker Anti Polutan Dari Bahan Alami

Tiga dara cantik menjadi pemenang dalam kompetisi L'Oreal Girls ini Science dalam acara L'Oreal Science Fair 2017, Selasa (26/7/2017).

Tiga Dara Cantik Ciptakan Three Maskerteens, Masker Anti Polutan Dari Bahan Alami
TRIBUNNEWS.COM/VINCENTIUS
Ashila Maitsa, Ayu Sekar, dan Alia Reiza, berfoto dengan produk mereka, Three Maskerteens, dalam acara LOreal Science Fair 2017, di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2017). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiga dara cantik menjadi pemenang dalam kompetisi L'Oreal Girls ini Science dalam acara L'Oreal Science Fair 2017, Selasa (26/7/2017).

Ketiga dara cantik yang masih duduk dibangku kelas 11 SMA Plus Pembangunan Jaya itu adalah Ashila Maitsa, Ayu Sekar, dan Alia Reiza.

Memiliki minat di bidang science, ketiganya menciptakan masker berbahan alami anti polutan yang diberi nama Three Maskerteens.

"Three Maskerteens, adalah sebuah produk berupa masker anti polutan dengan kandungan ekstrak daun sansevieria (lidah mertua), arang aktif dari buah Bintaro, dan aromaterapi (kulit jeruk) berupa pack yang bisa di re-fill," ujar Ashila (15).

Masker ini dibuat dengan tujuan menghindari polusi udara sekaligus menyehatkan penggunanya melalui aromaterapi.

Gadis termungil yaitu Ayu (16) menjelaskan jika ide pembuatan Three Maskerteens didasari oleh pengamatan akan kebutuhan sehari-hari di lingkungan sekitar mereka.

"Teman-teman kalau berangkat ke sekolah naik motor kan kena polusi ya. Terus bronkitis, masalah pernafasan, itu jadi salah satu penyebab kematian yang juga cukup besar. Maka kami memutuskan untuk memproduksi ini," ujar Ayu.

Aila yang semula diam, kemudian menyampaikan jika mereka akan berusaha menyempurnakan produk mereka agar bisa lebih awet dan digunakan oleh kalangan masyarakat sesegera mungkin.

Pantauan Tribunnews.com, kain masker dibuat dari kain katun yang tipis dan sejuk bila digunakan.

Terdapat pula resleting pada masker yang digunakan sebagai tempat meletakkan 3 pack anti polutan tadi.

Pack ini sendiri hanya bertahan selama seminggu, mengingat bahan alami yang digunakan bisa membusuk.

Three Maskerteens mengalahkan ke 7 kandidat lainnya yang telah dipilih oleh pihak L'Oreal. Diberitakan sebelumnya, jika kompetisi ini dibuka bagi siswa SMA se-Indonesia, yang kemudian dipilih 8 kandidat untuk dicari pemenangnya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help