Home »

Sains

Si Cilik Penemu Pohon Listrik

Spondias Pinatta atau dikenal dengan pohon kedondong pagar adalah media yang digunakan Naufal untuk menghasilkan tegangan listrik tersebut.

Si Cilik Penemu Pohon Listrik
capture video
Berawal dari tugas sekolah, bocah 15 tahun asal Langsa, Nanggroe Aceh Darusalam (NAD) berhasil menciptakan listrik dari pohon kedondong pagar. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Naufal Raziq (15) berhasil menemukan energi listrik dari pohon, di umurnya yang masih sangat belia.

Spondias Pinatta atau dikenal dengan pohon kedondong pagar adalah media yang digunakan Naufal untuk menghasilkan tegangan listrik tersebut.

Bermula di tahun 2014 lalu saat Naufal masih di bangku sekolah dasar, sebuah tugas sekolah memandunya bereksperimen hingga menghasilkan energi baru listrik dengan cara yang sederhana.

Kala itu, ia menggunakan beberapa buah kentang karena mengetahui adanya kandungan asam di dalamnya.

Uang koin 500 rupiah berbahan tembaga dan seng pun diubahnya menjadi kubu positif dan negatif untuk penghantar listrik melalui kabel merah dan hitam.

Baca: Pesan dari Polisi Filipina yang Tembak Mati Wali Kota dan Istrinya yang Cantik Karena Narkoba

Naufal paham bahwa semakin asam kadar buah maka semakin kuat tegangan listrik yang dihasilkan.

Setahun setelah itu, Naufal kembali bereksperimen dengan menggunakan getah asam dari pohon kedondong pagar.

Naufal Raziq, remaja 15 tahun penemu energi listrik dari pohon kedondong di kantor Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat (19/5/2017).
Naufal Raziq, remaja 15 tahun penemu energi listrik dari pohon kedondong di kantor Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat (19/5/2017). (TRIBUNNEWS/APFIA)

Tidak sulit ditemukannya karena pohon kedondong itu berada persis di halaman rumahnya.

Naufal yang berasal dari keluarga sederhana tahu betul cara menghasilkan energi listrik tersebut.

Ayahnya, Supriaman adalah teknisi honorer di Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang yang juga menerima jasa servis sound system di rumahnya guna mencukupi kebutuhan hidup keluarganya.

Halaman
12
Editor: Yulis Sulistyawan
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help