Home »

Sains

Hadiah Nobel Fisika untuk Tiga Ilmuwan AS

"Kita sekarang menyaksikan awal sebuah bidang baru yakni astronom gelombang gravitasi," kata Nils Martensson

Hadiah Nobel Fisika untuk Tiga Ilmuwan AS
JEWISH TELEGRAPHIC AGENCY
Penerima hadiah Nobel Fisika 2017, Rainer Weiss 

TRIBUNNEWS.COM, STOCKHOLM - Berkat penelitian soal gelombang gravitasi, tiga ilmuwan Amerika Serikat (AS) memenangkan hadiah Nobel Fisika tahun 2017, Selasa (3/10/2017).

Temuan tiga scientist tersebut membuka era baru astronomi dengan mendeteksi gelombang gravitasi serta riak-riak di alam semesta.

Ketiga ilmuan yang berhasil mendeteksi gelombang gravitasi itu dan mengantarkan mereka meraih penghargaan Nobel 2017 adalah Rainer Weiss, Barry Barish dan Kip Thorne. 

Mengukur gelombang gravitasi menawarkan cara baru untuk mengamati alam semesta.

Cara ini juga akan membantu para ilmuwan mengeksplorasi sifat benda misterius di luar angkasa termasuk lubang hitam dan bintang neutron. Ini mungkin juga memberi wawasan tentang momen paling awal di alam semesta.

Deteksi pertama gelombang gravitasi menciptakan sensasi ilmiah saat diumumkan awal tahun lalu. Sejak saat itu, tim yang terlibat dalam penemuan tersebut banyak difavoritkan meraih Nobel.

Baca: Nissan Recall 1,21 Juta Mobil di Jepang

Baca: BPK Temukan Indikasi 87 Pemda Bermasalah dengan Aset Lancarnya

"Kita sekarang menyaksikan awal sebuah bidang baru yakni astronom gelombang gravitasi," kata Nils Martensson, Ketua Komite Nobel untuk Fisika seperti dilansir Reuters, Rabu (4/10/2017).

Martensson mengatakan, penemuan gelombang gravitasi ini akan mengajarkan tentang proses kejadian yang banyak terjadi di alam semesta. "Ini juga akan menghasilkan wawasan baru tentang sifat gravitasi ekstrem," imbuh dia.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help