Sains

Terungkap Jawaban Ilmiahnya Kenapa Aroma Durian Begitu Tajam

Bagi yang tidak terbiasa, aroma menyengat durianbisa membuat tidak nyaman hingga mual.

Terungkap Jawaban Ilmiahnya Kenapa Aroma Durian Begitu Tajam
Tribun Lampung/Hanif Mustafa
Taman Penangkaran Rusa Wan Abdurrahman Sumber Agung sekejap dipenuhi oleh ratusan orang yang hendak ikut meramaikan Festival Durian, Kamis (20/7/2017). TRIBUN LAMPUNG/HANIF MUSTAFA

TRIBUNNEWS.COM, SINGAPURA - Bagi yang tidak terbiasa, aroma menyengat durianbisa membuat tidak nyaman hingga mual.

Namun bagi ilmuwan, bau menyengat durian merupakan objek yang menarik untuk diteliti. Mereka ingin tahu dari mana asalnya dan mengapa aromanya begitu tajam.

Kini, para peneliti asal Singapura menguak misteri bau durian yang sangat khas.

Para peneliti dari National Cancer Center (NCC) dan Duke-NUS Medical School di Singapura membandingkan DNA durian dengan tanaman lain yang memiliki bau yang tidak biasa, seperti kakao.

Baca: Pemilik Spa Gay di Gambir Berhasil Lolos Keluar Negeri

Peneliti menemukan jika senyawa sulfur volatil atau VSC pada durian lebih banyak dibandingkan dengan buah lain.

Senyawa sulfur volatil merupakan senyawa bau yang dihasilkan oleh gen bernama metionin gamma lyases.

Gen ini akan menjadi sangat aktif ketika buah matang sehingga menyebabkan bau yang tidak biasa.

"Bagi yang tidak biasa, aroma durian seperti kombinasi antara campuran bawang, buah-buah manis, serta asam pada bumbu sop. Bahkan (bau durian) juga dideskripsikan seperti telur busuk," kata Bin Tean Teh, ahli genetika yang melakukan studi mengenai durian seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (9/10/2017).

Akan tetapi, bau tersebut penting bagi durian yang hidup di alam liar.

Para peneliti berkata bahwa bau durian yang khas membantu menarik hewan untuk memakannya dan menyebarkan bijinya.

Setidaknya kini ada 30 spesies durian, baik yang bisa dikonsumsi maupun tidak. Beberapa di antaranya juga terancam punah.

Temuan ini telah dipublikasikan di Nature Genetics.

Berita ini sudah tayang di kompas.com berjudul Mengapa Bau Durian Sangat Tajam? Ini Penjelasan Ilmiahnya