Sains

Biasa Jadi Pemangsa, Kali Ini Ular Jadi Santapan Lipan Raksasa Berbisa

Namun, temuan tim ahli biologi Thailand baru-baru ini cukup mengejutkan yaitu seekor lipan memangsa ular.

Biasa Jadi Pemangsa, Kali Ini Ular Jadi Santapan Lipan Raksasa Berbisa
Chiacchio et al., J Insect Behav
Lipan memakan Ular

TRIBUNNEWS.COM - Apa yang Anda pikirkan jika menyebut kata ular?

Mungkin Anda akan berpikir mengenai seekor pemangsa yang sangat mematikan.

Pengamatan kebetulan ini didapati oleh Stasiun Penelitian Lingkungan Sakaerat Thailand saat mereka melewati suara gemerisik yang mengerikan di bawah dedaunan kering di hutan.

Baca: Inikah Alasan Jumlah Bebas Visa Malaysia Lebih Banyak dari Indonesia?

"Lipan itu ditemukan sudah membungkus seluruh tubuh ular yang sedang bertelur, dengan tiga telur sudah keluar dan dua lainnya masih di dalam tubuhnya," tulis tim tersebut dalam laporannya dikutip dari Science Alert, Kamis (26/10/2017).

Lipan tersebut sangat pas memilih waktu, yaitu saat ular dalam kondisi paling rentan (saat sedang bertelur).

Untuk menjaga korbannya tetap berada dalam cengkramannya, Lipan tersebut membebatnya dengan kaki seperti cakar dan kemudian menikamnya dengan cakar berbisa yang disebut forcipules.

Forcipules sendiri adalah senjata pengikat khusus yang hanya dimiliki oleh lipan.

Dalam sebuah langkah yang cerdas, para ilmuwan tidak mengganggu peristiwa itu. Namun, mereka mengambil banyak foto yang membantu mereka mengidentifikasi spesies tersebut.

Editor: Malvyandie Haryadi