Home »

Sains

Ilmuwan Bingung Lihat Fenomena Puluhan Gurita Dasar Laut Berada di Pantai

"Ada beberapa video yang menunjukkan mereka (gurita) keluar dari dalam kegelapan laut untuk berburu. Tapi jika mereka naik sampai ke pantai..."

Ilmuwan Bingung Lihat Fenomena Puluhan Gurita Dasar Laut Berada di Pantai
1freewallpapers.com
Gurita 

TRIBUNNEWS.COM - Beberapa hari lalu, ada kejadian langka di kawasan Wales, Inggris. Lebih dari 20 gurita keluar dari laut dan berjalan di tepian pantai New Quay, Ceredigion, Wales, selama tiga malam berturut-turut.

Padahal, hewan berkaki delapan itu jarang terlihat dan hidupnya 100 meter di bawah permukaan air laut.

Baca: Gus Ipul Ingin Patahkan Mitos Wagub Selalu Kalah dalam Pilkada

Fenomena ini tentu saja membuat para ilmuwan bingung.

"Ini tidak sesuai dengan perilaku berkembang biak atau cara mereka mencari makan," ujar James Wright, kurator di National Marine Aquarium, Plymouth, dilansir dari Daily Mail Online (31/10/2017).

"Ada beberapa video yang menunjukkan mereka (gurita) keluar dari dalam kegelapan laut untuk berburu. Tapi jika mereka naik sampai ke pantai, maka hal ini tidak biasa," imbuh Wright.

Menanggapi perilaku aneh ini, para ilmuwan pun berpendapat bahwa gurita keluar dari habitatnya karena pengaruh cuaca buruk dan perubahan tekanan atmosfer. Terlebih, belum lama ini ada badai Ophelia dan Brian yang menghancurkan laut Irlandia.

Badai Ophelia yang kemudian diikuti oleh Badai Brian pada awal bulan kemarin menyebabkan gelombang dan badai yang sangat besar hingga mencapai 80 mil per jam di pantai Wales.

"Tempat gurita menunjukkan tingkah laku yang tidak biasa sama dengan dua daerah yang terkena depresi tekanan rendah karena badai Ophelia dan Brian. Diduga, hal inilah yang mempengaruhi mereka," ujar Wright kepada Telegraph.

Dr Steve Simpson, ahli biologi kelautan di Universitasl Bristol juga mengungkapkan bahwa perilaku gurita ini sangat aneh.

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help