Sains

Planet Tetangga Ini Mirip Seperti Bumi, Layak Huni?

Ross 128b ini adalah planet terdekat kedua dengan Bumi yang dianggap memiliki kehidupan seperti Bumi.

Planet Tetangga Ini Mirip Seperti Bumi, Layak Huni?
ESO/M. Kornmesser
Planet Ross 128b mengorbit bintang kerdil merah yang bernama Ross 128.

Cirana Merisa/Intisari-Online

TRIBUNNEWS.COM - Belum lama ini, para ilmuwan menemukan sebuah planet mirip Bumi yang berada tak jauh dari Bumi, lho. Namanya Ross 128b. Kira-kira planet ini layak huni tidak, ya?

Penemuan Planet

Planet Ross 128b ini ditemukan oleh para ilmuwan asal Eropa dengan menggunakan HARPS di Observatorium La Silla, Cile.

HARPS atau High Accuracy Radial velocity Planet Searcher sendiri merupakan alat yang ditempelkan pada teleskop.

Sebuah planet bisa menarik bintang induknya saat mengorbit sehingga bintang sedikit bergoyang. Inilah yang membuat HARPS bisa mendeteksi keberadaan planet ini.

Planet Tetangga Bumi

Planet yang berjarak 11 tahun cahaya dari Bumi ini memiliki massa sekitar 1,35 kali massa Bumi. Planet ini mengorbit bintang kerdil merah yang bernama Ross 128.

Bintang Ross 128 ini sendiri merupakan bintang yang letaknya paling dekat dengan Matahari.

Radiasi yang dipancarkan oleh bintang ini hanya sedikit sehingga tidak berbahaya bagi kehidupan di planet sekitarnya.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom