Home »

Sains

Apakah Anda Sempat Menyaksikan Supermoon Malam Tadi ?

Menurut penghitungan BMKG, fenomena sejenis baru akan kembali terjadi pada 18 Januari 2018 hingga 29,5 jam

Apakah Anda Sempat Menyaksikan Supermoon Malam Tadi ?
M ANSHAR/M ANSHAR (AAN)
Fenomena Supermoon di Kota Banda Aceh, pada pukul 20.44 Wib, Senin (14/11). Supermoon terjadi ketika jarak antara bumi dengan bulan hanya 356.515 Kilometer. Berdasarkan Pusat Studi Ilmu Falak STAIN Malikussaleh, Lhokseumawe, posisi bulan seperti ini pernah terjadi 26 tahun lalu. SERAMBI/M ANSHAR 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jika anda pada Minggu malam (4/12/2017) melihat bulan dan merasa ukurannya agak lebih besar, maka perasaan Anda tidak salah.

Anda telah menyaksikan fenomena supermoon, di mana jarak bulan dengan bumi relatif lebih dekat, sehingga ukurannya tampak lebih besar.

Kabag Humas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Hary Djatmiko, dalam siaran persnya menyebut fenomena tersebut terjadi pada Minggu malam pukul 22;46, di mana bulan masuk pada fase puncak purnama, hingga Senin pukul 15:45 WIB.

"Pada supermoon bulan akan lebih besar empat belas persen dann lebih cerlang sekitar tiga puluh persen dari ukuran saat purnama apogee (Bulan di dekat titik terjauhnya dari Bumi)," ujarnya.

Baca: Tidak Semua Kondisi Keringat Berlebihan Mengarah pada Gangguan Jantung

Titik terdekat bumi dengan bulan atau perigee atau yang juga disebut supermoon kali ini, jaraknya adalah 357.492 kilometer.

Menurut penghitungan BMKG, fenomena sejenis baru akan kembali terjadi pada 18 Januari 2018 hingga 29,5 jam berikutnya.

"Kejadian purnama perigee penutup dari tiga rangkaian supermoon ini adalah yang banyak ditunggu. Penyebabnya adalah saat tersebut terjadi pula peristiwa Gerhana Bulan Total yang dapat diamati dari seluruh Indonesia dari awal malam hingga tengah malam," katanya.

Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help