Gempa di Sulteng

Mengenal Gempa Sunda Megathrust yang Mengancam Jakarta dan Sekitarnya dengan Kekuatan Sampai 9 SR

Jakarta dianggap berpotensi diguncang gempa besar dari Sunda Megathrust, dengan kekuatan hingga lebih 9 Skala Richter (SR).

Mengenal Gempa Sunda Megathrust yang Mengancam Jakarta dan Sekitarnya dengan Kekuatan Sampai 9 SR
Wikipedia
Setting lempeng tektonik Sunda Megathrust 

TRIBUNNEWS.COM - Gempa berkekuatan magnitudo 7.4 diikuti Tsunami terjadi di Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018) petang.

Seluruh wilayah Indonesia tentu perlu untuk selalu waspada terhadap gempa, namun Jakarta sebagai ibu kota Indonesia menjadi kota yang disorot lebih banyak dibandingkan dengan kota atau daerah lain.

Jakarta dianggap berpotensi diguncang gempa besar dari Sunda Megathrust, dengan kekuatan hingga lebih 9 Skala Richter (SR).

Dikutip Grid.ID dari Intisari, para pakar menyebut potensi tersebut berasal dari zona kegempaan atau seismic gap yang ada di sekitar Jakarta.

"Kekuatannya masih perdebatan di antara para pakar. Diperkirakan antara 8,1 SR hingga 9 SR," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Dwikorita Karnawati kepada BBC Indonesia, Jumat (2/3/2018).

Pusat pemerintahan juga berada di Jakarta, sehingga bayang-bayang gempabesar menjadi lebih disorot oleh masyarakat luas.

Guncangan yang dirasakan oleh warga Jakarta pada 23 Januari 2018 menimbulkan kepanikan besar walau pusat gempa berada di 91 km barat daya Lebak Banten.

Bukan tanpa alasan, guncangan yang ditimbulkan gempa ini membuat gedung-gedung tinggi di Jakarta bergoyang kencang.

Merespon kejadian saat itu, ahli geodesi kebumian Institut Teknologi Bandung, Iwan Meilano, kepada Kompas.com saat itu, mengatakan bahwa gempa Banten menandai aktivitas zona tektonik si selatan Jawa yang semakin meningkat.

Baca Selengkapnya

Penulis: Grid Network
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved