Pesawat Lion Air Jatuh

Kapsul Penyelamat Kecelakaan Pesawat Rancangan Insinyur Rusia Ditolak Industri Penerbangan

PESAWAT Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018) pagi.

Kapsul Penyelamat Kecelakaan Pesawat Rancangan Insinyur Rusia Ditolak Industri Penerbangan
YouTube
Teknologi keamanan pesawat rancangan insinyur Rusia Gamil Halidov. 

TRIBUNNEWS.COM - PESAWAT Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018) pagi.

Pesawat Boeing 737-Max 8 itu jatuh setelah hanya mengudara selama 13 menit seusai lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta Banten menuju Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Tragedi kecelakaan pesawat sudah beberapa kali terjadi di Indonesia. Perbincangan soal keamanan penerbangan pun mencuat lagi, termasuk soal inovasi teknologi keamanan pesawat terbang.

Di media sosial Facebook dan YouTube, Warta Kota menemukan sebuah video tentang teknologi keamananan penerbangan yang diciptakan oleh ilmuwan asal Rusia.

Dalam video itu ditampilkan simulasi pesawat terbang komersil yang mengalami kecelakaan saat mengudara.

Namun, desain kabin pesawat itu berbeda dari pesawat pada umumnya. Semua penumpang dimasukkan dalam sebuah kapsul yang terbuat dari bahan polimer.

Baca: Amien Rais Nilai Pemeriksaannya Janggal, Begini Penjelasan Polisi

Kapsul itu seperti selubung yang terpisah dari badan pesawat. Saat pesawat itu mulai terbakar di bagian sayap kanan dan mengeluarkan asap hitam tebal, kapsul polimer tadi otomatis langsung terlepas keluar dari badan pesawat, dilengkapi parasut yang langsung mengembang.

Saat badan pesawat tersebut, yang sudah tak lagi berisi penumpang, terus jatuh dan akhirnya meledak dan hancur, kapsul yang berisi penumpang tadi mendarat aman di darat maupun di laut, karena sudah diterbangkan oleh dua parasut besar di atasnya.

Bila jatuh di laut, kapsul itu langsung mengeluarkan sirip yang berfungsi sebagai pelampung, sehingga kapsul itu langsung mengapung di air, sampai tim SAR dan pertolongan pertama tiba di lokasi.

Halaman
123
Editor: Sugiyarto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved