Profesor Asal Australia Ungkap Alasan Komodo Hanya Ada di Indonesia

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Proceedings of the Royal Society B, komodo merupakan definisi anak rumahan yang sesungguhnya.

Profesor Asal Australia Ungkap Alasan Komodo Hanya Ada di Indonesia
Traveluxion
Taman Nasional Pulau Komodo 

TRIBUNNEWS.COM - Komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia yang bisa mencapai panjang 3 meter, dan dianggap sebagai naga yang sebenarnya.

Komodo punya reputasi besar di seluruh dunia yang terkenal dengan gigi tajam dan air liur berbahayanya untuk berburu rusa dan bahkan dapat menyerang manusia.

Tapi, kenapa sih komodo cuma ada di Indonesia, tepatnya di Pulau Komodo, Kepulauan Nusa Tenggara?

Ternyata alasannya bukan karena mereka nggak bisa menjelajah tempat lain, tapi karena mereka cuma nggak mau melakukannya.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Proceedings of the Royal Society B, komodo merupakan definisi "anak rumahan" yang sesungguhnya.

Dalam penelitian selama 10 tahun di 10 tempat dalam 4 pulau, hasilnya menunjukan bahwa kadal-kadal tersebut memang benar-benar nggak pernah meninggalkan tempat kelahirannya. Mereka sebenarnya mampu untuk menjelajah jauh bahkan di medan yang berat sekalipun, tapi mereka cuma nggak mau aja.

Banyak juga spesies lain yang lebih suka menetap di suatu daerah yang dekat dengan apa yang mereka anggap sebagai rumah.

"Begitu mereka menjajah sebuah pulau, terlepas dari kemampuan luar biasa yang dimiliki, mereka memutuskan untuk merasa cukup, dan lebih baik tinggal di rumah," kata Tim Jessop, profesor ekologi di Deakins University Australia yang memimpin penelitian tersebut.

Halaman selanjutnya

Penulis: Grid Network
Sumber: Hai-online.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved