Rambut di Beberapa Bagian Tubuh Manusia Punya Fungsi Berbeda

Rambut di beberapa bagian tubuh kita, misalnya di kepala, tangan, kaki, dan kadang di bagian atas jari tangan dan kaki, masing-masing punya fungsi.

Rambut di Beberapa Bagian Tubuh Manusia Punya Fungsi Berbeda
clear.co.id
Ilustrasi rambut panjang, indah, tebal dan berkilau 

TRIBUNNEWS.COM - Rambut ada di beberapa bagian tubuh kita. Misalnya di kepala, tangan, kaki, dan kadang di bagian atas jari tangan dan kaki. Termasuk di sekitar kelamin.

Sekilas, rambut yang ada di tubuh kita tampak sama saja. Bedanya, rambut di kepala bisa tumbuh lebih panjang dan cepat, dibandingkan rambut di bagian tubuh lain.

Meski terlihat sama, ternyata rambut yang ada di tubuh kita punya fungsi berbeda-beda. Simak di bawah ini.

Rambut di Kepala

Rambut di kepala bisa menghalangi angin yang berhembus, sehingga kulit tidak langsung menerima udara dingin saat musim dingin dan musim hujan tiba.

Di musim panas atau kemarau, rambut menjadi pelindung alami dari terpaan sinar matahari yang terik. Kita pun tidak langsung kepanasan.

Oh, rambut di kepala juga bisa melindungi tengkorak saat kepala terbentur, lo! Secara tidak langsung, rambut di kepala berfungsi seperti helm alami.

Rambut di Wajah

Di wajah kita juga ada rambut, namanya alis dan bulu mata. Kedua rambut ini memiliki fungsi yang berbeda. Alis berfungsi sebagai alat pelindung mata dari kotoran, keringat, dan tetesan air hujan yang bisa membuat mata iritasi.

Kalau bulu mata berfungsi sebagai pelindung mata dari debu dan benda asing lain yang terbawa oleh udara.

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved