Jadi yang Ke-24 di Indonesia, Kota Padang Kini Punya Science Center Berlokasi di Museum Adityawarman

PP-Iptek membawa 20 alat peraga interaktif dan akan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan bagi siswa dan guru-guru IPA di Sumatera Barat selama 3 hari.

Jadi yang Ke-24 di Indonesia, Kota Padang Kini Punya Science Center Berlokasi di Museum Adityawarman
HANDOUT
Peresmian science center Pusat Peraga Iptek di Museum Adityawarman oleh Direktur PP-IPTEK Mohammad Syachrial Annas, Selasa (27/11/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kota Padang, Sumatera Barat, kini memiliki science center. Namanya, Pusat Peraga Iptek di Museum Adityawarman. Science center ini diresmikan pengoperasiannya Selasa (27/11/2018) kemarin oleh Direktur PP-IPTEK Mohammad Syachrial Annas.

Syachrial mengungkapkan Pusat Peraga Iptek Provinsi Sumbar merupakan science center ke-24 yang ada di Indonesia. Tahun lalu diresmikan science center di provinsi Sulawesi Selatan dan Kalimantan Timur.

Inisiasi dan pengembangan science center di Provinsi Sumatera Barat telah dilakukan sejak awal 2017 yang sebelumnya dengan Balitbang Provinsi Sumatera Barat.

Berbagai tahapan telah dilakukan bersama mulai dari tahap koordinasi, sosialisasi kepada masing-masing kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumbar pengajuan proposal dari beberapa kab/kota, penilaian proposal oleh tim penilai yang ditunjuk.

Akhirnya terpilih dan diresmikannyalah science center di provinsi sumatera barat pada hari ini di tahun 2018," tutur Syachrial.

Sebelumnya, Kementerian Ristekdikti telah memberi arahan agar setidaknya ada minimal satu science center di tiap-tiap provinsi sehingga pengetahuan dan informasi iptek dapat dikenal dan tersebar ke lapisan masyarakat di seluruh Indonesia bahkan tempat yang terpencil sekalipun serta membudaya di kehidupan masyarakat .

"Karena itu, kami Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) Kemenristekdikti berupaya penuh memenuhi amanah yang diberikan Bapak Menteri Ristekdikti untuk melakukan inisiasi dan pendampingan di daerah-daerah untuk mendirikan sebuah science center atau pusat peragaan iptek lainnya," kata Syachrial.

Dalam pendirian Pusat Peraga Iptek ini, Kemenristekdikti memberikan hibah enam alat-alat peraga iptek yang interaktif sebagai stimulan bagi Prov. Sumbar dalam mengembangkan science center ke depannya.

Alat-alat peraga tersebut, yakni Labirin Cermin, Katrol, Gyroektreme, Generator Van De Graf, Baterai Tangan dan Film kartun.

PP-Iptek membawa 20 alat peraga interaktif dan akan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan bagi siswa dan guru-guru IPA di Sumatera Barat selama 3 hari.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved