Planet Mars: ''Rumah Baru'' yang Didominasi Lautan Pasir

Mereka menyadari bahwa pesawat ruang angkasa telah menyentuh target, saat InSight mendarat di Mars pada 26 November lalu.

Planet Mars: ''Rumah Baru'' yang Didominasi Lautan Pasir
Istimewa
(OMSI) Replika permukaan planet MARS. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM - Mendaratnya InSight secara aman di permukaan Mars, membuat tim misi Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, Amerika Serikat (AS) kini sibuk mempelajari lebih banyak mengenai situs pendaratan pesawat ruang angkasa.

Mereka menyadari bahwa pesawat ruang angkasa telah menyentuh target, saat InSight mendarat di Mars pada 26 November lalu.

Target tersebut adalah sebuah daratan lava bernama Elysium Planitia.

Saat ini mereka juga telah menentukan bahwa kendaraan tersebut tengah mendarat dengan kemiringan sekitar 4 derajat di dalam kawah dangkal yang dipenuhi debu dan pasir yang disebut sebagai 'cekungan'.

InSight sebelumnya telah direkayasa untuk bisa beroperasi pada permukaan planet itu dengan kemiringan hingga 15 derajat.

Baca: Menpar Arief Yahya Memukau Peserta SAIK 2018

Seperti yang disampaikan oleh Manajer proyek InSight Tom Hoffman dari JPL.

"Tim sains selama ini berharap bisa mendarat di daerah berpasir dengan beberapa batu, karena kami memilih lokasi pendaratan, jadi ya kami cukup puas," kata Hoffman.

"Tidak ada landasan pendaratan atau landasan pacu di Mars, jadi turun di daerah yang pada dasarnya terlihat seperti sebuah kotak pasir besar tanpa batu berukuran besar, seharusnya membuat penyebaran instrumen lebih mudah dan memberikan tempat yang bagus bagi kami untuk mulai menggali,".

Dikutip dari laman mars.nasa.gov, Selasa (4/12/2018), faktor kemiringan dalam melakukan pendaratan juga merupakan hal yang dianggap penting dalam menentukan apakah InSight berhasil dalam misinya untuk mendarat.

Halaman
123
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved