Arab Saudi Bikin Alat yang Bisa Menangkap Air dari Udara tanpa Bantuan Listrik

penelitian yang dilakukan oleh tim dari KAUST Arab Saudi berhasil menciptakan alat yang dapat mengubah uap air di udara menjadi air yang kita butuhka

Arab Saudi Bikin Alat yang Bisa Menangkap Air dari Udara tanpa Bantuan Listrik
IST
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM - Tahukah Anda bahwa ada 13 triliun ton uap air yang terbang di udara sekitar kita?

Melalui fakta tersebut, sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) di Arab Saudi berhasil menciptakan alat yang dapat mengubah uap air di udara menjadi air yang kita butuhkan.

Kunci dari prototipe alat ini adalah senyawa kimia kalsium klorida yang murah, stabil, ramah lingkungan, dan tidak beracun.

Kalsium klorida adalah zat yang sangat baik dalam menyerap air yang ada di udara atau proses yang kita kenal dengan higroskopi.

Para peneliti juga mengembangan sistem penyimpanan kalsium klorida dalam bentuk hidrogel supaya tetap dapat menampung air dengan mempertahankan bentuk padatnya.

Lalu, mereka juga menggunakan cahaya untuk mengembalikan hampir 100 persen dari proses higroskopi yang berubah menjadi gel dengan menambahkan beberapa nanotube karbon kecil untuk melepaskan air.

Dilansir dari Science Alert pada Selasa (04/11/2018), dalam praktik yang dilakukan pada malam hari, 35 gram hidrogel mampu mendapatkan 37 gram air dengan kelembapan relatif sekitar 60 persen.

Pada siang hari, dengan paparan matahari selama 2,5 jam, hidrogel ini mampu menyerap 20 gram air yang dikumpulkan dalam perangkat dan siap untuk diminum.

Seiring dengan biaya rendah dan hasil air yang tinggi, perangkat ini memiliki keuntungan bekerja dengan baik bahkan di daerah dengan kelembaban yang relatif rendah bahkan kering.

Para peneliti juga berkata bahwa alat ini tidak memerlukan listrik untuk beroperasi, yang berarti ia dapat digunakan bahkan di bagian terpencil di dunia.

Halaman
12
Editor: Sugiyarto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved