Black Hole Pertama Kali dalam Sejarah Tertangkap Kamera, Apa Dampak Penelitian untuk Indonesia?

Instagram/nasachandraxray

TRIBUNNEWS.COM - Black Hole atau lubang hitam untuk pertama kali dalam sejara tertangkap kamera, apa dampaknya untuk Indonesia?

Sepanjang sejarah dunia astronomi, black hole atau lubang hitam menjadi hal yang sangat misterius.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah ilmu pengetahuan, para ilmuwan akhirnya berhasil mengungkap penampakan lubang hitam.

Seperti dikutip Tribunnews.com dari akun Instagram @nasa pada Kamis (11/4/2019).

Berangkat dari hal ini, Dosen Fisika Teori Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS) Surabaya, Bintoro Anang Subagyo memberi tanggapan mengenai dampak penemuan tersebut terhadap perkembangan sains dan teknologi, khususnya di Indonesia.

Baca: NASA Foto Penampakan Lubang Hitam atau Black Hole, Pertama Kali Dalam Sejarah Astronomi

Baca: Gereja Notre Dame Paris Punya 6 Benda Bersejarah Ini, Mati-matian Diselamatkan Pemadam Kebakaran

Dilansir dari laman ITS (16/4/2019), Bintoro ini menyebutkan keberhasilan pengamatan black hole merupakan salah satu pembuktian teori relativitas umum Einstein yang paling ekstrim.

Selain itu, Bintoro menganggap penemuan ini merupakan pembenaran mengenai keberadaan supermassive black hole dipusat galaksi yang telah lama diyakini para ilmuwan.

Teleskop 4 benua

Melalui laman resmi ITS Bintoro memaparkan selama ini penggambaran black hole hanya didasarkan pada simpulan terkait aktivitas benda-benda disekitar black hole.

Editor: Siti Nurjannah Wulandari

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.