Pemerintah Segera Terbitkan Perpres Audit Teknologi, Ini Antisipasi Kemenristekdikti

Audit teknologi ini akan menjadi instrumen dalam menata kemandirian teknologi, inovasi, dan penguatan struktur industri

Pemerintah Segera Terbitkan Perpres Audit Teknologi, Ini Antisipasi Kemenristekdikti
HANDOUT
Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) membahas Pemetaan Kapasitas Kelembagaan Audit Teknologi di Jakarta, Senin (15/4/2019) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah kini tengah menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang audit teknologi nasional secara menyeluruh. Audit teknologi ini akan menjadi instrumen dalam menata kemandirian teknologi, inovasi, penguatan struktur industri, dan keamanan nasional sekaligus memberikan perlindungan kepada masyarakat mengantisipasi era Revolusi Industri 4.0.

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Jumain Appe saat membuka secara resmi Focus Group Discussion (FGD) Pemetaan Kapasitas Kelembagaan Audit Teknologi di Jakarta, Senin (15/4/2019) mengatakan audit teknologi akan dilakukan oleh lembaga-lembaga yang sudah terakreditasi dan memiliki kemampuan audit teknologi.

Agar hasilnya maksimal, perlu disiapkan sumber daya auditor dan kapasitas kelembagaannya, serta sarana prasarana yang memadai.

Di tempat sama, Direktur Sistem Inovasi Kemenristekdikti Ophirtus Sumule mengatakan FGD ini digelar oleh Ditjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti sebagai persiapan terbitnya Perpres audit teknologi yang sedang diproses di Sekretariat Negara. 

Baca: Mau Beli Mobil Baru? Jangan Lupa Siapkan Checklist Dulu Agar Tak Salah Beli, Ini Rinciannya

FGD diikuti dari perwakilan Kemenristekdikti, Badan Standardisasi Nasional (BSN), Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Ikatan Auditor Teknologi Indonesia (IATI), Kementerian Badan Usaha Milik Negara, PT Surveyor Indonesia, PT Sucofindo, Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), dan lain-lain.

Ophirtus Sumule mengatakan, salah satu isi di Perpres tersebut adalah perumusan roadmap kelembagaan dari audit teknologi.

Baca: PSI Nyatakan Akan Jadi Oposisi di DPRD DKI, Partai Nasdem Menyebutnya Gagal Paham

Ophirtus menjelaskan, secara kelembagaan, pelaksanaan audit teknologi ada di banyak tempat sehingga harus diharmonisasikan.

Dari kelembagaan audit teknologi tersebut, nantinya akan dibahas prioritas yang akan dilakukan bersama-sama, siapa yang harus mendukung, dan siapa yang menjadi leading sektornya.

"Perpres juga mengamatkan pembentukan Forum Audit Teknologi yang menghimpun semua menteri-menteri terkait dengan teknologi sekaligus tempat berdiskusi untuk mengambil keputusan," ungkap Ophirtus.

Dia menambahkan, Forum Audit Teknologi ini diharapkan dikoordinir oleh Menristekdikti karena audit teknologi tidak hanya berkaitan dengan masalah teknologi yang sudah diterapkan.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved