Yuk Datang! Indonesia Science Day 2019 Akan Digelar di TMII 25–28 April 2019

ISD 2019 akan menampilkan berbagai pameran inovasi dan pendidikan dari Instansi kementerian dan non kementerian, perguruan tinggi, dan sekolah.

Yuk Datang! Indonesia Science Day 2019 Akan Digelar di TMII  25–28 April 2019
PORTAL TIGA
Booth Universitas Airlangga (UNAIR) di pameran di Indonesia Science Day (ISD) 2018 yang digelar di Gedung PP–IPTEK (Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), Kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk kedua kalinya, ajang Indonesia Science Day (ISD) akan digelar di Gedung PP-IPTEK, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, pada 25 – 28 April 2019. 

ISD 2019 merupakan ajang berbagai kegiatan sains yang didesain dengan konsep mendidik, menginspirasi, dan menghibur masyarakat khususnya generasi muda dalam memajukan sains dan teknologi dan digelar oleh Pusat Peragaan Iptek (PP-Iptek), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Ika Mian Karlina, Ketua Harian ISD 2019 dalam penjelasan pers tertulisnya kepada Tribunnews mengatakan, ISD 2019 akan menampilkan berbagai pameran inovasi dan pendidikan dari Instansi kementerian dan non kementerian, perguruan tinggi, dan sekolah.

"ISD 2019 bertujuan memperkenalkan hasil karya anak bangsa kepada masyarakat demi meningkatkan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan,” ungkap Ika.

Baca: Pebalap Rio Haryanto Jadi Pembeli Pertama Toyota C-HR Hybrid di Indonesia

Ika menjelaskan, ISD 2019 akan mengangkat tema 'Mendorong terciptanya sumber daya iptek memasuki era Industri 4.0' dan akan diikuti 76 Instansi yang terdiri dari 18 instansi kementerian dan non kementerian (LPNK) serta komunitas, 52 perguruan tinggi negeri dan swasta, serta 6 sekolah. 

Peserta pameran dari instansi kementerian dan non kementerian serta komunitas diantaranya Kemenristekdikti, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Standarisasi Nasional (BSN), Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Baca: Pemerintah dan 6 Perguruan Tinggi Negeri Rampungkan Riset Komprehensif Mobil Listrik

Akan tampil pula Lembaga Biologi Molekuler EIJKMAN, Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Balitbang Kementerian Pertahanan, Dislitbang TNI Angkatan Darat, Dislitbang TNI Angkatan Laut, Penerbit Tiga Serangkai, PT Kalbe Farma, Kokbisa, Erudio, serta Food Truck Culinary.

Menristekdikti Mohamad Nasir bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan didaulat membuka ISD 2019 sekaligus meresmikan dua wahana baru di PP-Iptek, yakni Wahana Inovasi Indonesia dan Wahana Digital World.

Pembukaan ISD 2019 akan dihadiri berbagai instansi, perguruan tinggi, sekolah yang ikut serta dalam pameran, maupun instansi lain yang selama ini telah berkontribusi pada pengembangan pendidikan Iptek generasi muda khususnya di galeri PP-Iptek.

Wahana Inovasi akan menampilkan hasil teknologi dari 6 BUMN NDHI (National Defence and Hightech Industries) yang telah melakukan penandatangan Nota Kesepahaman antara PP-Iptek pada penyelenggaraan ISD 2018.

Keenam Enam BUMN NDHI tersebut adalah PT Dirgantara Indonesia, PT Pindad, PT Dahana, PT Inti, PT Len Industri, dan PT Inuki yang akan diresmikan dalam Wahana Inovasi.

Selain itu, Wahana Inovasi juga menampilkan teknologi bidang kesehatan dari Lembaga Biologi Molekuler EIJKMAN.

Wahana lainnya, yakni Wahana Digital World menampilkan hal-hal yang berhubungan dengan dunia digital. Total, PP-Iptek kini memiliki 25 wahana dengan penambahan 2 wahana baru tersebut.

Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved