Blog Tribunners

Keutamaan Buah yang Berserat untuk Kesehatan Usus

Serat pada buah atau sayuran salah satu jenis zat makana yang terkandung didalam makanan yang berperan untuk membantu kesehatan usus.

Keutamaan Buah yang Berserat untuk Kesehatan Usus
Richard Susilo
Ilustrasi 

TRIBUNNERS - Serat pada buah atau sayuran salah satu jenis zat  makana yang terkandung didalam makanan yang berperan untuk membantu kesehatan usus.

Di dalam tubuh terutama usus membutuhkan serat untuk membuat tubuh tetap sehat.

Makan yang berserat biasanya sangat mudah di temuakan Indonesia terutama pada pasar-pasar tradisional yang ada. Bahkan bukan hanya di pasar-pasar tradisional, hampir semua daerah di Indonesia terdapat makan-makan berserat.

Namun Kandungan serat dalam buah dan sayuran bisa membantu proses metabolisme terutama untuk melancarkan pergerakan makanan dalam usus. Usus membutuhkan makanan yang mengandung serat untuk mengangkut bahan makanan lain dan menghasilkan tinja.

Sementara tinja adalah buangan dari sisa pencernaan makanan yang zatnya tidak dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme. Jika kekurangan serat maka pencernaan tidak bisa berjalan dengan baik dan bisa menimbulkan beberapa resiko penyakit.

Salah satu manfaat makan berserat diantara untuk mengurangi resiko penyakit kanker usus besar.

Dalam mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung serat harus sesuai dengan kebutuhan di dalam tubuh, dengan tidak langsung hal ini akan bisa membantu menjaga kesehatan usus dengan lebih baik.

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dianjurkan oleh pakar kesehatan dunia. Hal ini karena Serat bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh, bisa membantu organ-organ tubuh agar bekerja lebih normal.

Sebaliknya, bila kekurangan serat maka masalah pencernaan bisa mengakibatkan resiko penyakit.

Jenis-jenis makan-makan yang berserat yang berserat adalah buah apel, buah pisang, buah alpokat, buah pepaya dan buah jambuh biji merah. kelima buah ini sangat baik di konsumsi untuk menjaga kesehatan usus.

Selengkapnya

Penulis: La Erwin Hi. Mutalib
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help