Gempa di Situbondo

BMKG Sebut Gempa di Situbondo Mirip dengan Gempa di Lombok

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut jika gempa yang terjadi di Situbondo, Jawa Timur mirip dengan gempa di Lombok.

BMKG Sebut Gempa di Situbondo Mirip dengan Gempa di Lombok
Twitter @infoBMKG
Gempa bumi mengguncang Situbondo pada Kamis dini hari (11/10/2018, 01:44 WIB), tidak berpotensi tsunami 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut jika gempa yang terjadi di Situbondo, Jawa Timur mirip dengan gempa di Lombok.

Kemiripan ini ditinjau dari mekanisme sumber yang terjadi dan arah jurus sesar (strike).

Demikian diungkapkan Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhamad Sadly dalam siaran pers yang diunggah di akun Instagram BMKG, Kamis (11/10/2018).

Baca: Update Gempa Situbondo: 3 Korban Meninggal, 9 Luka-luka, 25 Rumah Hancur

"Melihat mekanisme sumber yang terjadi dan arah jurus sesar (strike), gempa ini (Situbondo, red) tampak ada kemiripan mekanisme sumber dengan gempa-gempa terjadi di utara Bali, Lombok, Sumbawa, dan Flores," ujarnya.

Apakah gempa ini memiliki kaitan langsung dengan aktivitas Sesar Naik Flores, kata Sadly, masih akan lakukan kaji dan analisis lebih lanjut oleh BMKG.

Sebelumnya, hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa yang terjadi di Situbondo merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal di dasar laut.

Baca: 14 Gempa Susulan Guncang Situbondo dan Sekitarnya Setelah Gempa 6,4 SR Dinihari

"Adapun hasil analisis mekanisme sumber gempa menunjukkan, gempa ini, dibangkitkan adanya deformasi batuan kerak dangkal dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ujar Sadly.

Sementara itu, berdasarkan peta seismisitas dan sejarah kegempaannya, zona ini merupakan kawasan seismisitas rendah (low seismicity).

Sehingga aktivitas gempa di Situbondo sangat menarik bagi para ahli kebumian terkait kajian gempa dan identifikasi sesar aktif baru.

Seperti diketahui, gempa mengguncang wilayah Situbondo, Jawa Timur dan terasa hingga Bali, Kamis (11/10/2018) pukul 01.44.57 WIB.

Baca: GEMPA HARI INI: Gempa Situbondo Terasa Sampai Bali, Kemenlu Kirim Email ke Peserta Pertemuan IMF

Halaman
123
Penulis: sri juliati
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved