Blog Tribunners

Waspadai Gejala DBD yang Bisa Menyebabkan Kematian

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) atau biasa disebut juga dengan demam berdarah ini adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Deng

Waspadai Gejala DBD yang Bisa Menyebabkan Kematian
Youtube
Nyamuk demam berdarah 

TRIBUNNERS - Penyakit demam berdarah dengue (DBD) atau biasa disebut juga dengan demam berdarah ini adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue.

Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypyi dan Aedes albopictus, yang hidup di wilayah tropis dan subtropis. Setiap tahunnya diperkirakan terdapat setidaknya 50 juta kasus demam berdarah di seluruh dunia.

Demam berdarah ringan biasanya dapat menyebabkan demam tinggi, nyeri otot dan sendi, serta ruam. Sedangkan untuk demam berdarah yang parah atau biasa dikenal dengan istilah sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang tiba-tiba, perdarahan serius, dan bahkan kematian.

Pada umumnya kondisi ini dapat terjadi pada semua kalangan. Demam berdarah dapat banyak ditemui selama musim penghujan dan setelah musim penghujan di area tropis dan subtropis seperti : India, Asia Tenggara, China, Afrika, Timur Tengah, Australia, Pasifik Selatan, Pasifik Tengah, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan juga Karibia.

Apa Saja Penyebab DBD ?

DBD ini dapat disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh gigitan nyamuk. Ada 4 virus dengue, yakni virus DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4.

Nyamuk ini sendiri berasal dari jenis tertentu yakni Aedes aegypti atau Aedes albopictus dapat membawa virus untuk menginfeksi darah manusia dengan gigitan dan mengirimkan darah yang terinfeksi ke orang lain. Ketika anda bebas dari demam berdarah, imunitas anda akan terbentuk tetapi hanya sampai strain tertentu.

Apa Saja Faktor Risiko Yang Meningkatkan DBD ?
- Infeksi sebelumnya dengan virus demam dengue yang meningkatkan risiko gejala yang serius jika anda terinfeksi kembali.

- Tinggal atau hidup atau juga berpergian ke area tropis.

Apa Saja Gejala DBD ?

Halaman
12
Penulis: Alit Kurniawan
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved