• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribun Seleb

Dana Konser Elton John Rp 8 Miliar Dipersoalkan

Minggu, 14 November 2010 22:13 WIB
Dana Konser Elton John Rp 8 Miliar Dipersoalkan
ist
Elton John, Penyanyi
TRIBUNNEWS.COM, ITALIA --- Konser Elton Joh  di Italia sebagai bagian dari festival Piedigrotta di Napoli, bulan September 2009 lalu dipersoalkan. Pejabat Italia diminta menjelaskan pemanfaatan uang 720.000 ero atau lebih dari Rp 8,5 miliar untuk konser itu.

Komisi Eropa akan mencari tahu mengapa para pejabat Italia menghabiskan uang 720.000 ero untuk menggelar konser Sir Elton John tahun lalu. "Kami akan menanyakan itu kepada pihak penyelenggara. Kami ingin tahu mengapa mereka merasa tindakan itu sesuai peraturan," kata jurubicara Komisi Eropa untuk kebijakan regional, Ton van Lierop, kepada BBC.

Menurutnya, pihaknya baru mempersoalkan dana itu karena baru diketahuinya.
Seorang anggota parlemen Eropa asal Italia yang berhaluan sayap kanan, Mario Borghezio dari partai Liga Utara, menyebut pengeluaran itu sebagai penyalahgunaan dana Uni Eropa yang memalukan oleh pemerintah daerah Campania.

"Komisi tidak tahu berapa banyak dibayarkan kepada Sir Elton John untuk konser itu," kata Van Lierop.

Proyek-proyek kebudayaan bisa dibiayai bersama oleh Komisi dan pemerintah daerah di Uni Eropa (UE). "Tetapi kami ingin tahu mengapa konser ini bermanfaat bagi daerah itu," katanya.

Penyelidikan ini merupakan bagian dari audit menyeluruh yang saat ini sedang dilakukan terhadap proyek-proyek yang didanai oleh UE di Campania. Pemerintah daerah bertanggung jawab melakukan alokasi dana untuk proyek-proyek yang berbiaya di bawah 50 juta ero, kata Van Lierop. Anggaran Komisi untuk pembangunan regional digunakan untuk membiayai banyak proyek di segenap pelosok UE.

Salah seorang pelaksana festival Piedigrotta, Dario Scalabrini, mengatakan 600.000 ero uang UE dikeluarkan untuk konser itu. Dia membela pengeluaran itu, dengan mengatakan bahwa uang itu dipakai untuk mempromosikan Napoli dan berhasil mendongkrak bisnis setempat.

Uang konser itu berasal dari program wilayah UE untuk Campania yang menelan biaya 2,25 juta ero, kata Van Lierop.

Sir Elton memegang rekor penjualan album tunggal terlaris di dunia dengan lagu Candle in the Wind yang terjual 33 juta keping sewaktu dirilis sebagai penghormatan untuk Putri Diana pada tahun 1997.
Editor: OMDSMY Novemy Leo
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
63831 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas