Rabu, 6 Mei 2015
Tribun SelebTribunnews Seleb

Lagu Iwak Peyek Menjiplak Yel-yel Suporter Yunani?

Selasa, 10 April 2012 13:20 WIB

Lagu Iwak Peyek Menjiplak Yel-yel Suporter Yunani?
TRIBUN JAKARTA/Ferro Maulana
Trio Macan yang terdiri dari Iva, Lia dan Chaca sekarang melambung karena lagu Iwak Peyek.

TRIBUNNEWS.COM - Fenomena lagu berjudul Iwak Peyek yang kerap dinyanyikan para suporter di Indonesia dan dipopulerkan oleh Trio Macan serta komedian di Opera van Java masih menjadi kontroversi yang belum berhenti. Asal-usul lagu yang merakyat dengan lirik jenaka tersebut masih menjadi teka-teki dan tanda tanya.

Belakangan berembus kabar bahwa lagu tersebut dicontek dari chant (nyanyian atau yel-yel penambah semangat) suporter klub asal Yunani, Olympiakos Club of Fans of Piraeus, atau lebih dikenal dengan nama Olympiakos.

Bukti bahwa suporter Olympiakos yang menyanyikan lagu dengan nama dan irama serupa lagu Iwak Peyek bisa dilihat di laman YouTube.

Pada 2 Agustus 2006, suporter Olympiakos mengunggah video berjudul OLYMPIAKOS7 ke laman You Tube. Pada video itu ribuan suporter Olympiakos menyanyikan yel-yel yang nada dan iramanya serupa dengan lagu Iwak Peyek, di dalam Stadion Karaiskakis, Piraeus, Yunani, yang merupakan home ground kesebelasan yang mereka dukung itu.

Tentunya chant tersebut mereka nyanyikan dalam bahasa Yunani, bukan bahasa Jawa Timur seperti lirik lagu Iwak Peyek.

Yel-yel dengan nada dan irama serupa dengan lagu Iwak Peyek juga dinyanyikan oleh Bosnian Support Army, suporter tim nasional sepak bola Bosnia dan Herzegovina.

Seseorang dengan nama hanifwahby pada 8 April 2012 mengunggah video berisi yel-yel suporter tim nasional Bosnia dan Herzegovina ke laman YouTube. Nada dan irama yel-yel tersebut serupa dengan lagu Iwak Peyek, hanya liriknya saja yang menggunakan bahasa setempat.

Halaman12
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas