• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribun Seleb

Lagu Iwak Peyek Menjiplak Yel-yel Suporter Yunani?

Selasa, 10 April 2012 13:20 WIB
Lagu Iwak Peyek Menjiplak Yel-yel Suporter Yunani?
TRIBUN JAKARTA/Ferro Maulana
Trio Macan yang terdiri dari Iva, Lia dan Chaca sekarang melambung karena lagu Iwak Peyek.

TRIBUNNEWS.COM - Fenomena lagu berjudul Iwak Peyek yang kerap dinyanyikan para suporter di Indonesia dan dipopulerkan oleh Trio Macan serta komedian di Opera van Java masih menjadi kontroversi yang belum berhenti. Asal-usul lagu yang merakyat dengan lirik jenaka tersebut masih menjadi teka-teki dan tanda tanya.

Belakangan berembus kabar bahwa lagu tersebut dicontek dari chant (nyanyian atau yel-yel penambah semangat) suporter klub asal Yunani, Olympiakos Club of Fans of Piraeus, atau lebih dikenal dengan nama Olympiakos.

Bukti bahwa suporter Olympiakos yang menyanyikan lagu dengan nama dan irama serupa lagu Iwak Peyek bisa dilihat di laman YouTube.

Pada 2 Agustus 2006, suporter Olympiakos mengunggah video berjudul OLYMPIAKOS7 ke laman You Tube. Pada video itu ribuan suporter Olympiakos menyanyikan yel-yel yang nada dan iramanya serupa dengan lagu Iwak Peyek, di dalam Stadion Karaiskakis, Piraeus, Yunani, yang merupakan home ground kesebelasan yang mereka dukung itu.

Tentunya chant tersebut mereka nyanyikan dalam bahasa Yunani, bukan bahasa Jawa Timur seperti lirik lagu Iwak Peyek.

Yel-yel dengan nada dan irama serupa dengan lagu Iwak Peyek juga dinyanyikan oleh Bosnian Support Army, suporter tim nasional sepak bola Bosnia dan Herzegovina.

Seseorang dengan nama hanifwahby pada 8 April 2012 mengunggah video berisi yel-yel suporter tim nasional Bosnia dan Herzegovina ke laman YouTube. Nada dan irama yel-yel tersebut serupa dengan lagu Iwak Peyek, hanya liriknya saja yang menggunakan bahasa setempat.

Jika dirunut lebih ke belakang lagi, lagu Iwak Peyek berasal dari lagu Take 'Em All milik band punk rock lawas asal Inggris, Cock Sparrer.

Di YouTube, lagu milik Cock Sparrer itu sudah ramai dikomentari oleh orang Indonesia yang memperdebatkan kemiripan lagu Take 'Em All dengan lagu Iwak Peyek versi Trio Macan.

Jumlah pengunjung video tersebut langsung melonjak tajam hingga 612,845 viewer. Video tersebut kebanyakan berisi komentar-komentar bernada sindiran dan tuduhan penjiplakan. Lagu Iwak Peyek dan Take 'Em All memiliki refrain sangat mirip di bagian verse. Nada dan hentakan tempo kedua lagu itu sangat mirip.

Cock Sparrer adalah adalah band Oi! Punk asal Inggris yang terbentuk pada 1972 yang mempunyai pengaruh besar bagi kalangan band punk rock jalanan. Sementara lagu Take `Em All ada di album kedua Cock Sparrer, Shock Troops, yang dirilis pada 1983.

Cock Sparrer merupakan die hard fans (suporter sejati) klub asal London, West Ham United, dan lagu Take `Em All milik Cock Sparrer digunakan sebagai lagu penyemangat yang dinyanyikan The Hammers (julukan untuk suporter West Ham United) untuk mendukung timnya kala berlaga di Stadion Boleyn Ground.

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Warta Kota
2 KOMENTAR
429331 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas