• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribun Seleb

Inilah Kisah Ramadan di Kalangan Selebriti Berbeda Agama

Minggu, 29 Juli 2012 11:11 WIB
Inilah Kisah Ramadan di Kalangan Selebriti Berbeda Agama
DOKUMENTASI TRIBUNNEWS
Titi Kamal dan Christian Sugiono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bersantap sahur dan berbuka bersama pasangan hidup tercinta tentu jadi momentum terindah Ramadan tiap pasangan suami istri.

Tapi bagaimana dengan Ramadan di kalangan selebriti berbeda agama? Ira Wibowo, seperti dilansir kompas.com, mengaku bahagia atas toleransi yang ditunjukkan oleh suaminya dengan menghargai dirinya menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Sebisa mungkin Katon menemaninya berbuka puasa.

"Namun Katon tak biasa menemaninya sahur. Saya tidak berani membangunkannya, karena dia tidur lelap banget," tutur Ira Wibowo, artis kelahiran Berlin, Jerman, 43 tahun silam ini.

Selain itu Katon juga mengurangi jadwal makannya. Ira pun bertoleransi dengan tidak memasalahkan dirinya berpuasa sendirian pada setiap bulan Ramadhan.

"Suami jelas nggak puasa dan anak-anak saya belum mampu berpuasa karena masih kecil. Tapi nggak masalah, yang penting niat," tutur artis tenar era 1990-an itu.

Ia pun tetap meladeni suami dan ketiga anak mereka dengan tetap memasak di rumah menemani pembantunya.

Toleransi ini juga diperagakan pasangan Lydia Kandou-Jamal Mirdad. Lydia tetap setia memasak santap sahur dan buka puasa untuk sang suami kendati Lydia tak berpuasa.

Ketiga anak-anak Lydia juga sering ikut puasa menemani ayahnya. Tak heran jika rumah keluarga Jamal biasa ramai pada jam buka dan sahur.

Sementara, Christian Sugiono sering mengingatkan Titi Kamal untuk berbuka puasa. "Ya kalau Ramadhan nggak bisa jalan di siang hari untuk makan bersama atau nonton. Titi `kan puasa," tuturnya.

Berikut ini pasangan selebriti berbeda keyakinan:

1. Rio Febrian dan Sabria Kono
Setelah hampir tiga tahun pacaran, akhirnya Rio Febrian yang beragama Kristen resmi menikahi kekasihnya Sabria Kono yang beragama Islam dengan mas kawin sebuah cincin pada tanggal 3 Februari 2010.

2. Andre Hehanusa dan Cut Rizki Theo
Andre Ronald Benito Hehanussa atau Andre Hehanusa adalah musisi yang beragama Kristen. Ia menikah dengan perempuan berdarah Aceh bernama Cut Rizki Teo (kakak Cut Mini) pada tanggal 8 Agustus 1995. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai anak laki-laki, Putra Pertama Hehanussa.

3. Anton Wahyu Jatmiko dan Diah Permatasari
Diah, model dan artis yang beragama Islam ini adalah istri dari Anton Wahyu Jatmiko yang beragama Katolik. Mereka menikah pada 5 April 1997 dan dikaruniai seorang putra, Marcello Renara Djatmiko dan Marciano Nicholas Reynard.

4. Prakaca Kasmir dan Melly Manuhutu
Melly Manuhutu, penyanyi berdarah Ambon ini menikah dengan Prakaca Kasmir pada tanggal 15 September 2001.

Pernikahan beda agama ini dilangsungkan di dua tempat, Gereja Tongkonan Toraya, Kelapa Gading, Jakarta Utara dan Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pernikahan mereka telah dikaruniai 2 orang anak, Kacamelyv Prakaca dan Qalycea Prakaca.

5. Sebastian Paredes dan Shanty
Penyanyi Shanty menyandang status istri Sebastian Paredes sejak 24 Juli 2010. Pernikahan pasangan yang berbeda agama ini dipimpin oleh konsulat negeri asal Paredes, Ekuador, untuk Indonesia, Carlos Eduardo Calderon. Dan pada 24 Februari 2011, pasangan ini dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Arjuna Lucio Paredes.

6. Titi Kamal - Christian Sugiono
Titi Kamal tetap berpuasa meski saat santap sahur dan berbuka tidak selalu ditemani sang suami, Christian Sugiono, yang non muslim.

7. Nurul Arifin - Mayong Suryolaksono
Pernikahan beda agama antara Nurul Arifin - Mayongsuryolaksono sempat menjadi bahan kajian studi Islam. Boleh tidaknya pernikahan beda agama dalam Islam sering menjadikan pasangan ini sebagai contoh kajian karena kapasitasnya mereka sebagai public figure.

Penulis: Agung Budi Santoso
0 KOMENTAR
773351 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas