Minggu, 5 Juli 2015
Tribun SelebTribunnews Seleb

Ini Rincian Pembiayaan Pernikahan 'Wah' Anak Raja Brunei

Kamis, 4 Oktober 2012 13:33 WIB

Ini Rincian Pembiayaan Pernikahan 'Wah' Anak Raja Brunei
News.cn
Putri Hafizah Sururul Bolkiah (32) dan Pengiran Haji Muhammad Ruzaini di pelaminan

TRIBUNNEWS.COM, BRUNEI
Brunei Darussalam, negara kecil yang terletak di pantai utara pulau Kalimantan ini memang kaya raya. Tak heran, pernikahan kerajaan Brunei selalu digelar dengan megah dan meriah.

Tahun 2007 lalu, ketika Sultan menikahkan Putera Mahkota, ia diperkirakan menghabiskan dana sebesar 5 juta dolar AS, atau sekitar Rp 50 milyar. Namun pernikahan kali ini, "Menghabiskan uang yang jauh lebih besar," kata Maya Kalman, pemilik Swank Production, sebuah perusahaan wedding planner ternama di New York kepada Yahoo! Shine.

Maya menambahkan, "Pernikahan mewah seperti ini biasanya mengalokasikan dana sebesar 1.000 dolar AS per tamu." Jika dikalikan dengan jumlah undangan dari Sultan Hassanah Bolkiah yang seakan tak terhingga, "Saya perkirakan biaya sejumlah 15 hingga 20 juta dolar AS (sekitar Rp 150 hingga Rp 200 milyar, Red. ). Itu baru biaya puncak pesta, belum termasuk perayaan selama sepekan lebih yang kira-kira juga menghabiskan Rp 200 milyar lagi," ujar Kalman. Maka, apabila ditotal, pernikahan mewah ini diduga menghabiskan dana Rp 400 milyar!

Untuk apa saja uang sejumlah itu? Sebagian besar ternyata tersedot untuk pakaian. Gaun pengantin yang dikenakan Putri Hafizah di hari Minggu (23/9) saja harganya mencapai 20 ribu dolar AS atau sekitar Rp 190 juta. Gaun bernuansa emas dan beige  ini menggunakan kain sepanjang 18 ribu meter, seluruhnya direnda dengan taburan permata. Renda khusus ini berharga nyaris Rp 2 juta per meter.

"Mempertimbangkan sang mempelai ganti baju tiga kali sehari selama 10 hari, biaya untuk pakaian bisa mencapai Rp 4 milyar," ujar Saukok Tiampo, pemilik 57Grand, lini busana khusus baju pengantin di Amerika, seperti ditulis Yahoo! Shine.

Baju-baju mempelai pria juga tak kalah mahal. Salah satu baju yang dikenakan Ruzaini, "Adalah pakaian formal yang harganya bisa mencapai 1.000 dolar AS atau Rp 95 juta," lanjut Tiampo. Bahan yang digunakan berasal dari serat nanas yang dijahit dengan benang emas. "Kain dari serat nanas ini teksturnya tipis namun lembut. Cocok dipakai di daerah tropis yang panas, tapi tetap terlihat formal," ujarnya sambil menambahkan, benang emas yang dipakai untuk menjahitnya berharga ratusan dolar per meter.

Biaya lain yang juga perlu dikeluarkan oleh keluarga kerajaan ini antara lain untuk transportasi. Pawai keliling Bandar Seri Begawan dengan Rolls Royce beratap terbuka bersepuh emas tentu butuh biaya besar pada sektor keamanan dan pengendalian massa.

Halaman12
Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: Tabloidnova.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas