Home »

Seleb

»

Musik

Band I'M Star, Cara Berbicara Anak Autis dengan Musik

I'm Star bukanlah band biasa. Abhy, Arya, Ervitha dan Shinta bukan seperti remaja kebanyakan. Mereka ini tergolong remaja dengan kebutuhan khusus.

Band I'M Star, Cara Berbicara Anak Autis dengan Musik
dokumen pribadi
Im Star saat tampil di bazar amal di sekretariat ASEAN Jakarta, Jumat (2/11/2012) siang.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - "I'm Star," teriakan itu terdengar dari 4 mulut anak remaja, setelah usai tampil menghibur istri-istri diplomat di Sekretariat ASEAN, Jumat (2/11/2012) siang. Tepuk tangan meriah dan wajah penuh kagum melihat penampilan band ini.

Ya, band I'm Star bukanlah band biasa. Abhy, Arya, Ervitha dan Shinta bukan seperti remaja kebanyakan. Mereka ini tergolong remaja dengan kebutuhan khusus. Kepiawaian mereka memainkan alat musik dan berdendang seolah menghilangkan cap autis pada diri mereka.

Tatkala lagu 'Heal The World' yang dipopulerkan Michael Jackson mereka bawakan, nyaris semua hadirin di gedung pertemuan sekretariat ASEAN di Jalan Sisingamangaraja Jakarta Selatan itu ikut berdendang.

"Bagus banget, tak terlihat seperti anak-anak autis. Hebat," puji seorang pengunjung Charity Bazaar ASEAN Women's Circle.

I'm Star band adalah bukti kalau anak-anak autis bisa berprestasi. Mereka yang notabene selalu dikatakan punya dunia sendiri, tak mampu berkomunikasi dengan orang lain ternyata bisa fokus dengan hobi mereka bermusik.

Bergabungnya Abhy, Arya, Ervitha dan Shinta tak lepas dari peran orangtua mereka. Anak-anak mereka yang memang memiliki bakat musik sejak kecil pun mereka arahkan dalam satu komunitas kecil berbentuk grup band.

Para orangtua ini yakin anak-anak mereka punya kelebihan di balik kekurangan. Musik menjadi pilihan penyandang autis ini bersosialisasi, berbicara dengan dunia yang lebih universal.

"Musik itu cara mereka berkomunikasi. Makanya kami orangtua hanya mengarahkan agar mereka fokus," kata Pratomo Edhy TJ, salah seorang orangtua penggagas I'm Star.

Penulis: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help