Home »

Seleb

»

News

Artis Berpolitik

Dulu PAN, Kini PKB yang Paling Ramai Diserbu Caleg Artis, Mengapa?

Pemilu 2009 lalu, PAN paling banyak diserbu caleg kalangan artis. Pemilu 2014, PKB yang paling ramai. Mengapa?

Dulu PAN, Kini PKB yang Paling Ramai Diserbu Caleg Artis, Mengapa?
dokumentasi
Dari kanan: Jamal Mirdad, Rachel Maryam, Venna Melinda, Teresia Pardede dan Wanda Hamidah.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai politik umumnya menampilkan para pesohor, seperti artis dan tokoh populer, untuk mendapatkan suara di Pemilihan Umum 2014.

Hal ini tampak pada nama bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum.

Pada hari terakhir bagi parpol untuk mendaftarkan bakal caleg ke KPU, Senin (22/4), delapan parpol mendatangi KPU. Dimulai dengan Partai Nasdem serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Selepas tengah hari, secara bergiliran Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Partai Demokrat, Partai Golkar, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mendaftarkan bakal caleg ke KPU pada Minggu. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendaftarkan bakal calegnya ke KPU pada 16 April.

Rombongan Selebriti

Sejumlah partai memiliki bakal caleg dari kalangan artis yang relatif banyak. PKB, misalnya, memiliki sekitar 40 bakal caleg dari kalangan artis.

Beberapa nama itu antara lain Arzeti Bilbina, Tommy Kurniawan, Saleh Ali ”Said Bajuri”, Krisna Mukti, Putri Nere, Reza Herlambang, Gita ”KDI”, Akri ”Patrio”, dan Aditya ”Sayuti”. Ada pula keluarga pedangdut Rhoma Irama, seperti Vicky Rhoma, Ridho Rhoma, dan Deddy Irawan.

Sekjen PKB Imam Nachrawi mengatakan, ”Kebetulan saja banyak artis yang merasa cocok dan bergabung dengan PKB.”

Di PPP, selain model Okky Asokawati dan Ratih Sanggarwati, yang sudah lama menjadi politisi PPP, muncul pula Mat Solar dan Angel Lelga.

Halaman
12
Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: KOMPAS
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help